23 April 2014

Gali Potensi Wisata, Pemkab. Gianyar Gelar Aksi Sapta Pesona

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menyelenggarakan acara Aksi Sapta Pesona, bertempat di kawasan Pura Dalem Kemenuh, Sukawati, Gianyar,(20/4).

Aksi ini merupakan aksi nyata untuk meningkatkan destinasi wisata di Kabupaten Gianyar salah satunya di kawasan Pura Dalem Kemenuh, karena kawasan ini memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata monkey river, mengingat munculnya ratusan kera sungai di kawasan ini. Di tempat ini juga dilaksanakan kerja bakti berupa penanaman pohon buah-buahan di komplek pura dalam upaya pengembangan sebagai obyek wisata monkey river dan dialog.

Dalam kesempatan itu I Gusti Putu Laksaguna dari perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengawali melakukan penanaman pohon didampingi Kepala Diparda A.A. Ari Brahmanta serta menyerahkan apresiasi sapta pesona kepada 4 kelompok masyarakat pesisir kawasan wisata Lebih, penyerahan 100 pohon buah-buahan kepada Desa Kemenuh, penyerahan 3 buah tong sampah kepada Desa Kemenuh.

Aksi yang dilakukan di Pura Dalem Kemenuh adalah runtutan acara yang tergabung dalam Aksi Sapta Pesona yang telah dimulai sejak tanggal 19 April lalu, tepatnya di Meeting Room Bali Safari and Marine Park. Ditempat ini dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir di kawasan pariwisata Lebih, dengan 40 peserta dari masyarakat pesisir yang diarahkan unyuk pembuatan papan selancar (surfing). Acara ini dibuka Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Ngakan Jati Ambarsika.

Pemberi materi saat itu dari Dinas Pariwisata Propinsi Bali, perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif I Gusti Putu Laksaguna, dan dari majalah surfing mengenai teknik pembuatan papan selancar.

Menurut Gusti Putu Laksaguna, untuk meningkatkan daya tarik wisata hendaknya dapat mengoptimalkan Sapta Wisata (7 pesona), yakni. Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah tamah dan Kenangan. Pihaknya berharap agar melibatkan unsur masyarakat untuk ikut melakukan pelayanan, menciptakan kebersihan dan keamanan.

Sementara Kepala Diparda A.A. Ari Brahmanta mengatakan, Aksi Sapta Pesona ini juga diharapkan membawa dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat di lingkungan potensi obyek wisata. (humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .