02 April 2017

Gali Potensi Lokal, Pemkab Gianyar Gelar Gianyar Kuliner Festival

Mengawali rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Gianyar ke - 246, Pemkab Gianyar melalui Dinas Pariwisata melaksanakan Gianyar Kuliner Festival di areal Car Free Day, Taman Kota Gianyar, (2/4). Kegiatan juga dimeriahkan kan oleh demo memasak oleh Chef Gama dan Joko dari Indonesia Chef Asosiation (ICA) serta penampilan lawak dari Celekontong Mas.

Kepala Dinas Pariwisata, Anak Agung Ari Brahmanta mengatakan, Gianyar Kuliner Festival Tahun 2017 mempunyai visi “ Mewujudkan Kuliner Gianyar yang Sehat, Berkualitas dan Dapat Berdaya Saing Internasional”. Terdapat tiga menu yang dilombakan dalam kegiatan ini, yakni Peper Ikan Air Tawar dan Jukut Ares diikuti 7 peserta perwakilan dari PKK Kecamatan se – Kabupaten Gianyar, Fruits dan Vegetable Curving (Lomba Mengukir Buah) dengan tema Kokokan diikuti oleh 17 peserta perwakilan SMA/SMK se – Kabupaten Gianyar.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi kuliner khas Gianyar sekaligus mempromosikan eksistensi dan keunggulannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gianyar. Kegiatan ini juga sebagai upaya peningkatan pembangunan dan perkembangan sector pariwisata di Kabupaten Gianyar dengan memberikan peluang seluas – luasnya kepada  masayarakat untuk ikut langsung terlibat di dalamnya. Keterlibatan masyarakat dalam pengembangan kuliner khas Gianyar melalui kualitas, penataan, pelayanan dan penyajian kuliner yang baik dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Hal tersebut sesuai dengan tema Gianyar Kuliner Festival Tahun 2017 yakni Peran Kuliner Lokal dalam Industri Pariwisata Gianyar.

“Sehingga Kota Gianyar menjadi salah satu daerah tujuan wisata  dengan kuliner khas Gianyar sebagai daya tariknya,” imbuk Ari Brahmanta.

Ari Brahmanta menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas sajian kuliner khas tradisional Gianyar yang disajikan pada pasar – pasar tradisional. Memotivasi para penyaji kuliner khas tradisional Gianyar untuk meningkartkan pelayanan. Serta memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk aktif dalam pengembangan kuliner khas tradisional Gianyar yang sehat dan berkualitas.

Asisten Administrasi Administrasi Pemerintahan dan Kesra, I Wayan Suardana, S.Sos, MAP mengatakan, kegiatan Gianyar Kuliner Festival ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeperingati Hari Jadi Kota Gianyar ke - 246. Secara umum, seluruh kegiatan yang dilaksanakan serangkaian peringatan Hari Jadi Kota Gianyar bertujuan untuk menggali sekaligus mempromosikan pariwisata wilayah Timur. Perayaan Hari jadi Kota Gianyar diharapkan memberikan dampak kepada peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Gianyar. Sehingga diharapkan, seluruh pemangku kepentingan dan pelaku pariwisata dapat terlibat secara aktif sehingga kegiatan ini dapat memberi dampak  kepada kesejahteraan masyarakat.

Setelah melalui tahap penjurian, peserta yang berhasil meraih juara pada Lomba Pepes Ikan Air Tawar yakni, Juara I PKK Kecamatan Gianyar, Juara II PKK Kecamatan Payangan dan Juara III PKK Kecamatan Sukawati. Sedang Fruits & Vegetable Curving, Juara I SMK N 1 Tegallalang, Juara II SMK Werdhi Kumara dan Juara III SMK Werdhi Sila Kumara. (HumasGianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .