27 January 2015

Gafatar Gelar Aksi Damai

Puluhan personil keamanan terdiri dari Polres, Kodim, Satpol PP, Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) mengawasi jalannya aksi damai puluhan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di depan ruas Jalan Ngurah Rai Gianyar, (27/1).

Toni Kusasih salah satu Koordinator Lapangan Gafatar dalam orasinya mengatakan, aksi damai tersebut dilakukan dalam upaya menyampaikan aspirasi tentang keberadaan Gafatar yang telah dibubarkan atas instruksi Bupati Gianyar. Pihaknya meminta instruksi Bupati untuk ditinjau ulang, sebab pembubaran atas Surat Edaran (SE) Depdagri sudah dicabut oleh Dirtjen Kesbangpol pada 16 Januari lalu, seraya menunjukkan foto copy SK Dirtjen Kesbangpol.

”Kami minta ditinjau ulang dan Pemkab mendengarkan aspirasi kami,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpolinmas Gianyar, Ketut Artawa mengatakan pihaknya sudah melaksanakan prosedur sesuai dengan yang diperintahkan. Hal ini berdasarkan SE Dirtjen Kesbangpol Kemendagri nomor 220/3957/D.III, tanggal 30 November 2012 tentang penjelasan status Gafatar yang menegaskan bahwa Gafatar tidak terdaftar di Kemendagri sebagai Ormas.

Terkait Surat yang ditunjukkan oleh pihak Gafatar, Artawa menyatakan belum menerima instruksi dari Kemendagri. Kalau memang sudah ada tentu tembusannya ditujukan terhadap seluruh jajaran instansi pemerintahan yang ada di daerah.

”Kenyataannya sampai saat ini, baik Pemkab, Polres, dan Kodim belum menerima tembusan tersebut,” terang Artawa.

Artawa mempersilahkan Gafatar melakukan kegiatannya, namun tetap dalam batas yang tidak melibatkan masyarakat umum.

“Jika tetap dilakukan, tentu akan kami persepsikan sebagai upaya mengganggu ketertiban umum, dan harus siap untuk ditindak,” tegas Artawa.

Pantauan dilapangan, saat beraksi Gafatar diberi waktu berorasi selama 15 menit. Seusai menyampaikan aspirasinya, mereka digiring ke Terminal Kebo Iwa dan membubarkan diri secara damai. Aksi tersebut sempat membuat akses lalu lintas di Jalan Ngurah Rai ditutup, sehingga pengendara dialihkan menuju jalan alternatif di sekitar Jalan Ngurah Rai. (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .