25 June 2015

FAD Partisipan dari Satgas PPA

Selain di rumah keseharian anak-anak lebih banyak dihabiskan di sekolah, oleh karena itulah partisipasi Foum Anak Daerah (FAD) yang anggotanya adalah siswa SMA dan SMP ini sangat diperlukan dalam Satuan Tugas (satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak yang segera akan dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Seperti ditegaskan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Gianyar, I.A Sri Ambari saat sosialisasi FAD di SMKN 1 Gianyar, (24/6). Satgas ini nantinya berfungsi sebagai pendeteksi dini terhadap potensi kekerasan dan kejahatan terhadap perempuan dan anak. Meski tidak dapat bertindak secara langsung, minimal anggota FAD dapat melaporkan kejadian yang dilihatnya ke orang tua, saudara, aparat desa, polisi maupun ke kantor P2TP2A.

“Partisipasi anak-anak FAD ini sangat diharapkan, karena mereka-mereka inilah yang paling dekat dengan korban jika kekerasan itu terjadi di sekolah, ataupun lingkungan sekitarnya,” jelas I.A Ambari.

Untuk meningkatkan peran serta FAD nantinya disetiap kecamatan juga akan dibentuk FAD bahkan di setiap desa juga. Ini penting, mengingat kita harus waspada akan terjadinya tindak kekerasan hingga ke pelosok desa. selain itu dengan adanya sosialisasi program FAD ke sekolah-sekolah, menurut Sri Ambari sangatlah penting. Dengan tatap muka langsung dengan para siswa sangat banyak didapat masukan mengenai permasalahan-permasalah yang dialami selama disekolah.

Seperti saat sosialisasi FAD di Kecamatan Tegallalang, ada pernyataan mengejutkan terlontar dari salah seorang siswa bahwa kebanyakan tujuan mereka ke sekolah adalah untuk mendapatkan uang saku dan pacaran. Hal ini tentu sangat bertentangan, dan harus segera disikapi oleh para orang tua dan guru disekolah. Anak-anak saat ini sudah terbiasa menonton beberapa situs internet yang tidak layak tonton seusia mereka. jika ini dibiarkan, tidak saja dapat merusak masa depan anak juga rawan timbulnya pelecehan seksual dan tindakan kejahatan lainnya.

Untuk itulah, Sri Ambari berharap dinas/instansi terkait dapat secara rutin melakukan sidak ke sekolah-sekolah memeriksa Hp, tas maupun kantin sekolah. Tujuannya adalah agar bisa diantisipasi sedini mungkin hal-hal yang tidak diinginkan, dan kantin perlu disidak agar tidak menjual rokok di sekolah. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .