20 August 2015

Entas Pengangguran, Gianyar Siapkan Job Fair

Pemkab. Gianyar melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan menggelar program aksi gerakan penanggulangan pengangguran (GPP). Program aksi ini dituangkan dalam 13 kegiatan. Dua dari 13 program aksi dikemas dengan konsep  Job Fair dan berikutnya Gelar Potensi UKM, dilaksanakan mulai Selasa, (25/8) sampai Rabu (26/8) nanti, bertempat di Lapangan Astina Gianyar.

Sekda Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra menyampaikan, program aksi ini merupakan langkah nyata Pemkab. Gianyar mengatasi kemiskinan di Kabupaten Gianyar, khususnya dalam mengurangi angka pengangguran.“Langkah ini untuk meminimalisir kemiskinan, khususnya penggangguran di Kabupaten Gianyar,” ungkap Gus Gaga saat ditemui di ruang kerjanya, (20/8).

Gus Gaga berharap, para pencari kerja di Kabupaten Gianyar, dapat memaksimalkan kesempatan ini. Sebab, Job Fair ini diharapkan dapat menjadi peluang baru, khususnya bagi pencari kerja yang selama ini belum beruntung ditampung kerja.”Yang belum memiliki profesi, bisa adu nasib di Job Fair,”kata dia.

Sementara, Kadisnakertrans Pemkab. Gianyar Gede Widarma Suharta mengatakan, program GGI yang digelar nanti menggandeng sebanyak 40 perusahaan yang ada di Bali, baik yang bergerak di bidang dalam negeri maupun luar negeri. Berbagai sektor lapangan usaha akan disiapkan, diantaranya perusahaan retail, lembaga keuangan, manning agency, managemen service, perhotelan, dan banyak bidang usaha lainnya.”Perusahaan yang bergabung, rata – rata merupakan perusahaan bonafit,”ucapnya.

Bagaimana dengan peserta, Widarma menjelaskan, ajang job fair dibuka untuk umum, bagi siapapun masyarakat yang berminat untuk melamar. Persyaratannya pun sangat mudah, hanya dengan modal KTP dan Ijazah, masyarakat bisa langsung melamar di tempat berlangsungnya GGI.”Sementara ini, sebanyak 3.499 lowongan kami siapkan, angka ini akan bertambah hingga mencapai 5.000 lowongan,”ucap mantan kepala Disperindag Kabupaten Gianyar tersebut.

Gede Widarma menambahkan saat dari 272.375 angkatan kerja di Kabupaten Gianyar, 1,57 persennya atau 5.891 masih berstatus pengangguran. Adapu 13 program GGI diantaranya, Job Fair, Expo Wirausaha Mandiri, padat karya produktif (PKP) I, PKP II, pengembangan keterampilan dan wirausaha tenaga kerja muda (PKWTKM) I, PKWTKM II, fasilitasi dan koordinasi penempatan tenaga kerja dalam Negeri, pemberdayaan penempatan tenaga kerja muda dan wanita (P2TKMW) I, P2TKMW II, sosialisasi program penempatan tenaga kerja dalam negeri, pemberdayaan penempatan tenaga kerja penyandang disabilitas dan lanjut usia, sosialisasi program penempatan tenaga kerja luar negeri, dan penerapan tekhnologi tepat guna. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .