06 March 2015

Endek Gianyar Pukau Peminat Fashion di Indonesia Fashion Week 2015

Tiga orang disainer Gianyar, yakni Bintang Mira, Tjok Abi dan Tude Togog, unjuk  kebolehan di ajang Pergelaran yang bertajuk “Gianyar Cultural Wonder Design and Fashion”  di gelar di Jakarta Convention Center (JCC), 26 Februari – 1 Maret 2015. Trio disainer Gianyar, ikut meramaikan event tahunan Indonesia Fashion Week 2015 dengan menampilkan 60 rancangan pada hari terakhir Indonesia Fashion Week 2015,(1/1).

Selain mendapat apresiasi yang tinggi dari penggemar fashion di Jakarta, pementasan tersebut mendapat support langsung dari Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata, Ketua DPRD Gianyar, Tagel Winarta, Ketua TPPKK Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika dan Kabupaten Gianyar, Ny. Adnyani Mahayastra serta jajaran pejabat di Lingkungan Pemkab Gianyar.

Event fashion show tersebut juga dihadiri oleh, Ibu Menteri Koperasi dan UKM RI, Ny. Bintang Puspayoga, Ibu Menteri Dalam Negeri, Ny. Erni Tjahjo Kumolo, Presdiden Direktur Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, Desainer Indonesia, Poopy Darsono dan Anne Avantie, Pendiri Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Dewi Motik Pramono serta masyarakat Bali yang ada di Jakarta.

Bintang Mira dalam confrensi persnya mengatakan, dari 60 rancangan yang ditampilkan, masing – masing desainer menampilkan 20 rancangan dengan tampilan yang berbeda. Bintang Mira sendiri menampilkan rancangan busana batik dengan motif poleng, yang bernuansa warna hitam, putih dan orange. Dari rancangan batik poleng yang ditampilkannya, Bintang Mira ingin menampilkan indentitas baru pada perkembangan industry tekstil di Kabupaten Gianyar.  

“Saya ingin dari kain sudah berbicara bahwa batik tersebut berasal dari Gianyar,” terang Bintang Mira

Sementara Cok Abi menampilkan ragam kebaya dengan bawahan dari kain tradisional produksi perajin dari Gianyar. Nuansa Bali sangat kental pada setiap rancangannya, mulai dari desain, perpaduan warna serta iringan music tak terlepas dari budaya Bali. Dari rancanannya, Cok Abi ingin menunjukkan bahwa kain tenun bukan hanya buah ketrampilan turun temurun bagi masyarakat Gianyar,  juga bentuk identitas kultural dan artefak ritual.

Begitu pula dengan rancangan Tude Togog, dengan mengangkat tema endek pada setiap rancangannya dikolaborasikan sentuhan ragam warna membuat tampilannya sangat elegan. Hal ini mendapat apresisi yang tinggi dari penggemar fashion yang hadir pada saat itu.

Kepala Perindustrian dan Perdagangan, Ir. I Wayan Suamba mengatakan, keikutsertaan Pemkab. Gianyar dalam Indonesia Fashion Week 2015 sebagai ajang promosi dalam rangka membangkitkan industri ekonomi kreatif, khususnya industry tekstil dan desain. Selain itu, pada ajang tersebut Pemkab. Gianyar juga memiliki 8 stand pameran dengan melibatkan 10 perajin Gianyar. Dikatakannya, selama 4 hari pelaksanaan pameran, ke delapan stand tersebut sudah mampu melakukan penjualan sebesar 1 milyard.

“Ini merupakan penjualan terbesar, dari beberapa pameran yang pernah diikuti oleh Gianyar. Hal ini menunjukkan bahwa produk kerajinan tekstil maupun aksesoris Gianyar sudah mulai mendapat  tempat di hati para penggemar fashion, “ terang Suamba.

Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata yang hadir pada event tersebut sangat mengapresiasi langkah – langkah yang dilakukan jajarannya dalam membangkitkan industri ekonomi kreatif di Gianyar. Fashion sebagai bisnis memiliki terobosan dalam pasar global yang lebih kompetitif dan menghadirkan untuk audensi massa. Disisi lain, fashion juga merupakan cara untuk melestarikan budaya khususnya corak dan pola kuno atau asli Bali pada umumnya, Gianyar pada khususnya, berbagai dan menciptakan perubahan persepsi masyarakat peminat secara general.

“Dengan bangkitnya industry ekonomi kreatif akan mampu menggerakkan ekonomi daerah. Ini akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat,” terang Agung Bharata. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .