15 June 2015

Dukung Sebagai Kota Pusaka, KSTD Gianyar Gelar Lokasabha II

Lengkapi Gianyar sebagai Kota Pusaka, Kerta Semaya Trah Dalem (KSTD) Kabupaten Gianyar akan inventarisasi istana-istana kerajaan masa lalu sebagai pendukung warisan budaya Gianyar, hal tersebut terungkap saat KSTD gelar Lokasabha II, di Balai Budaya Gianyar, (14/6).

Ketua Panitia Lokasabha, Dewa Ketut Alit Budiana mengatakan Lokasabha II yang dihadiri jajaran pengurus KSTD pusat, Provinsi hingga daerah ini akan dilaksanakan sehari. Lokasabha yang dilaksanakan 5 tahun sekali ini, akan membahas berbagai program dan melaksanakan pemilihan pengurus baru. Sesi pertama akan dilaksanakan pembukaan oleh Bupati Gianyar yang diwakili Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, Cokorde Rai Widiarsa Pemayun dilanjutkan dengan mendengarkan pertanggung jawaban pengurus periode 2010-2015. Selanjutnya dibentuk beberapa komisi untuk menyususun program kedepan dan memilih pengurus KSTD baru periode 2015-2020. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab. Gianyar yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Lokasabha ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Lokasabha diikuti lebih dari 350 orang, yang berasal dari masing-masih kecamatan, tokoh puri, pengelingsir puri dan beberapa tokoh masyarakat. Harapan kedepan, lokasabha ini bisa meningkatkan koordinasi antara warga KSTD dan juga meningkatkan kordinasi dengan jajaran Pemkab Gianyar. Sehingga KSTD tidak hanya berguna internal, tetapi juga bisa berguna ekternal sebagai penunjang jalannya pemerintahan. “Sehingga KSTD bisa menjalankan kewajiban darma agama,” imbuhnya.

Asisten I, Setda Kabupaten Gianyar, Cokorda Rai Widiarsa Pemayun berharap lokasabha bisa dijadikan repleksi meningkatkan koordinasi antara berbagai organisasi warga dengan pemerintah, sehingga program pemerintah bisa sejalan dan sinergi dengan program warga. Sejak dahulu sebelum era pemerintahan peranan tokoh masyarakat dan puri sangat besar mewarnai kehidupan budaya masyarakat, sehingga kedepan sangat diharapkan peranan tersebut dalam melestarikan budaya Gianyar. “Pemkab. Gianyar sangat mendukung pelaksanaan lokasabha, sehingga program para pengelingsir puri juga bisa disinergiskan dengan Gianyar sebagai Kota Pusaka,” terangnya.

Cok Rai Widiarsa Pemayun juga mengucapkan selamat atas terpilihnya pengurus baru periode 2015-2020, menggantikan pengurus lama yang ditetapkan (9/5) 2010 saat Lokasabha I. “Kami juga sangat mendukung program atau rencana kerja KSTD yang akan mendata atau menginventaris istana-istana kerajaan masa lalu, hal itu sangat penting sebagai pelengkap warisan budaya Gianyar dan mendukung Gianyar sebagai Kota Pusaka, “ terangnya. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .