10 April 2014

Dukung Penuh Upaya Pelestarian Penyu di Gianyar

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata menemui Kelompok Nelayan Merta Segara yang bergerak dalam budi daya penetas telur penyu di Pantai Saba, Blahabtuh Gianyar, (9/4).

Dalam kunjungan Bupati Agung Bharata menampung masukan berbagai permasalahan yang dihadapi kelompok yang berdiri sejak tahun 2007.

Ketua kelompok Nelayan Merta Segara, I Made Kikik menyampaikan tentang kendala yang dihadapi kelompoknya dalam penetasan telur. Tidak tersedianya fasilitas perlataan penangkaran, penetasan hingga perawatan tukik dan masih minimnya sumber daya manusia menyebabkan penetasan telur penyu tidak masksimal.

Berkenaan dengan hal tersebut dihadapan Bupati Gianyar, bersama delapan anggota meminta untuk dapat dibangun fasilitas dan peralatan penetasan dan pembiakan penyu.

Menurut Kikik selama ini banyak ditemukan telur penyu disepanjang Pantai Gianyar, mulai dari Pantai Masceti hingga Pantai Ketewel. Saat ini terdapat 177 telur penyu yang dibiakan dalam dua sarang berbeda.

Dengan tidak adanya tempat pembiakan dan pemeliharaan setiap telur yang menjadi tukik diserahkan ke penangkaran penyu BKSDA di Serangan. Catatan dari bulan maret 2013, 19 kali penetasan beberapa saja yang berhasil, sisa mengalami kegagala. Selain masalah penangkaran kelompoknya juga kesulitan dalam mengganti ongkos penemuan telur dari masyarakat dan pakan untuk tukik. Berkenaan dengan itu, kelompoknya berharap mendapat perhatian dari Bupati Gianyar.

Bupati Agung Bharata langsung merespon permasalahan yang dihadapi kelompok Nelayan Merta Sari, dan memerintahkan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan serta Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Gianyar untuk menindaklanjuti.

Dengan adanya penangkaran ini nanti, diharapkan keberadaan hewan yang dilindungi makin terjadi di Kabupaten Gianyar. Keberadaan penyu ini sendiri selain sebagai upaya pelstarian juga dapat menjadi daya tarik wisata, yang nantinya dapat memberikan efek positif kepada masyarakat sekitar. (Humas Gianyar/bid)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .