03 December 2014

DPRD Gianyar Tetapkan APBD 2015

DPRD Kabupaten Gianyar setujui Rancangan Peraturan Daerah tentang  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2015 menjadi Perda. Hal tersebut terungkap saat Sidang Paripurna DPRD Gianyar, di Gianyar, (3/12).

Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Wayan Tagel Winata mengatakan RAPBD yang diajukan eksekutif melalui Bupati Gianyar telah dibahas dan diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gianyar. Sehingga RAPBD yang ditetapkan nantinya berimbang dan sesuai dengan visi-misi Gianyar BAGUS. Segala hasil pembahasan bersama yang dituangkan dalam berita acara persetujuan bersama antara eksekutif dan legislatif, akan ditetapkan menjadi Perda. “APBD merupakan janji pemerintah kepada rakyat yang dituangkan dalam RPJM, sehingga bisa mewujudkan kesejahtraan masyarakat,” terang Tagel Winarta.

Diketahui dalam sidang sebelumnya, RAPBD yang diajukan eksekutif ke DPRD mengalami defisit sekitar Rp105 M. Hal tersebut disebabkan antara alokasi belanja dan pendapatan yang belum seimbang. Setelah dibahas seluruh anggota dewan RAPBD yang diajukan eksekutif dilakukan rasionalisasi dan dalam menggunakan anggaran agar lebih efektif. Sehingga APBD yang diajukan tidak defisit.  “Jika pendapatan dan sisa anggaran lebih tahun 2014 di optimalkan, maka Gianyar tidak defisit di 2015,” terang Tagel Winata.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata sangat mengapresiasi kinerja DPRD. Pembahasan RAPBD yang harus sesuai dengan RPJMD Kabupaten Gianyar memang memerlukan kajian yang matang. Perda yang ditetapkan nantinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sinergi antara eksekutif dan legislatif merupakan komitmen bersama dalam mewujudkan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat Gianyar. Sehingga bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan berbagai kebijakan agar rencana bisa sesuai dengan realisasi. “Terbatasnya RAPBD karena kebutuhan masyarakat semakin meningkat, semakin maju suatu daerah maka pelayanan publik seharusnya semakin meningkat,” pungkas Agung Bharata. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .