24 July 2017

DKPKP Gianyar Bantu Petani Pasarkan Ikan Nila

Terobosan terbaru dilakukan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Gianyar dalam membantu memasarkan hasil petani ikan di Gianyar. Dengan memanfaatkan momen car free day, DKPKP memasarkan ikan nila hasil kelompok petani ikan di Desa Gitgit Gianyar, (23/7).

Ka.Dinas DKPKP Kabupaten Gianyar, Ir. Dewi Hariani yang hadir langsung memantau stand pemasaran ikan di arena CFD mengatakan, promosi di CFD ini baru pertama kali dilakukan dan akan terus berlangsung. Untuk pertama kali, pihaknya membantu memasarkan ikan nila hasil kelompok petani ikan di Desa Gitgit, namun tidak menutup kemungkinan kelompok petani ikan di wilayah lain akan dibantu promosi juga. Langkah ini cukup jitu, terbukti stand yang terletak persis di depan SMPN 1 Gianyar ini banyak dikunjungi ibu rumah tangga. Dan dari 57 kg ikan hanya tersisa sedikit. Bagaimana tidak laris, dengan harga jual 25 ribu per kg, sudah didapat ikan nila yang masih segar bahkan masih hidup. 

“Untuk tahap awal kami membantu menjual sekitar 57 kg ikan nila, jika ini lancar untuk selanjutnya pemasaran akan dilanjutkan oleh petani itu sendiri. Kami hanya membantu membuka jalan saja,” jelas Dewi Hariani.

Dewi Hariani yang pada kesempatan itu didampingi Kabid. Perikanan Budidaya di DKPKP Kab. GianyarPande Putu Sri Ratnawati menambahkan,  Pemkab.Gianyar melalui DKPKP selalu berupaya untuk mensejahterakan para kelompok tani di Kabupaten Gianyar melalui berbagai terobosan program. Seperti pada Sabtu (22/7) lalu, pihaknya bekerjasama dengan Universitas Mahasaraswati Denpasar, menebarkan bibit ikan nila sekitar 100 kg atau sekitar 900 ekor benih ikan di saluran irigasi atau perairan umum di Desa Gitgit. Saat ini di Desa Gitgit Gianyar terdapat 6 kelompok petani ikan kolam air deras dan tambak. Jadi, pihaknya tidak hanya membantu di hulu dengan bantuan benih ikan dan cara budidaya namun juga membantu hingga pemasaran (hilir). 

Selain itu, pihaknya beberapa waktu lalu juga mengadakan sosialisasi Demplot Mina Padi di Kelompok Mina Tambak Sari di Desa Kendran Gianyar. Selain sosialisasi juga dilakukan penebaran benih ikan Karper di areal persawahan setempat. Ini merupakan integrase antara padi dan ikan yang dipelihara bersama. Menurut Dewi Hariani dipilihnya ikan jenis Karper karena ikan ini dikenal dengan karakteristiknya yang agak ribut atau berisik. Jadi ampuh untuk mengusir tikus ataupun burung yang menjadi hama padi.

Sementara itu Kabid.Perikanan Budidaya DKPKP Kabupaten Gianyar, Pande Putu Sri Ratnawati menambahkan, saat pemasaran di CFD ini pihaknya tidak hanya focus menjual ikan saja. Namun juga memasarkan berbagai olahan makanan ringan atau kudapan. Kudapan yang dijual ini berbahan non beras, ini tujuannya untuk mengurangi konsumsi atau ketergantungan kita akan bahan pokok beras. Seperti diketahui, saat ini di Kabupaten Gianyar konsumsi beras kita adalah 113 kg per kapita per tahun.

Selain itu untuk meningkatkan ketahanan pangan, DKPKP Kab. Gianyar juga telah mengedarkan surat himbauan ke masing-masing dinas/instansi terkait agar setiap rapat atau kegiatan apapun, diharapkan konsumsinya memakai makanan atau pangan lokal. (HumasGianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .