12 June 2017

Dispusar Gianyar Gelar Worshop Kearsipan Bagi Aparat Desa

Guna meningkatakan sumber daya manusia bidang kearsiapan kepada aparat desa dan kelurahan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabipaten Gianyar menggelar Waorkshop kearsipan di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar. (12/6).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar, Dewa Gede Putra Amertha mengatakan kegiatan workshop, kepada 70 aparat desa dan kelurahan ini dibagi atas dua gelombang, yakni gelombang I tanggal 12-13 dan gelombang II, dari tanggal 14-15.

Dewa Amertha menambahkan dengan workshop ini, pengetahuan dan pemahaman peserta dalam bidang kearsipan dapat lebih ditingkatkan. Mengingat selama ini, keberadaan arsip masih dipandang sebelah mata, padahal arsip merupakan aset paling berharga milik bangsa. Workshop ini semakin memiliki nilai penting mengingat desa saat ini telah mengelola dana desa, sehingga penanganan arsip semakin peenting. Selain itu, mantan kadis pertenakan ini juga menyampaikan Gianyar sebagai Kabupaten Pusaka dapat lebih memproriataskan keberadaan arsip di masing-masing instansi dari aparat pemerintah terbawah.

Dalam workshop arsip 2017, materi disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Gianyar, Dewa Gede Putra Amertha tentang Pengelolaan Arsip Pada Lembaga Pemerintah, Kepala Bidang Pengeloalan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Bali, Luh Terry Saputra dengan materi Tata Organisasi Kearsipan dan Fungsinya.

Perserta workshop, I Wayan Sekar Nadi asal Desa Petak Kaja menyampaikan kegiatan workshop sangat bermanfaat dalam menambah wawasan tentang Kerasipan, karena selama ini, proses pengarsipan masih dianggap kurang penting, disamping minimnya pengetahuan, serta keberadaan sarana dan prasarana. Mengingat pentingnya arsip pihak berharap muncul kesadaran bersarma untuk lebih menjaga arsip sebagai aset negara yang paling berharga. (HumasGianyar/bagiada)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .