13 May 2015

Disdikpora Gelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional

Untuk memberikan wadah dalam berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik SD dan SMP dalam pengembangan diri secara optimal, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gianyar mengadakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional dan Lomba Cipta Seni Pelajar di SMP Negeri 1 Gianyar, (12/5). Festival tersebut mengambil tema “Mengembangkan Karakter dan Prestasi Melalui Kreasi Seni” dan dibuka Langsung oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Alit Mudiartha.

Ketua Panitia Kegiatan A. A. Ngurah Murti, SH, MAP. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD dan SMP melalui budaya belajar, berkarya dan pengembangan potensi diri bagi peserta didik SD dan SMP. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter siswa melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan siswa.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan karakater serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi peserta didik,” terang A. A. Ngurah Murti.

A.A. Ngurah Murti menambahkan, Festival Lomba Seni Siswa Nasional serta Lomba Cipta Seni Pelajar tersebut dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 12 s/d 13 Mei 2015. Diikuti oleh 154 peserta didik, yakni tingkat SD sebanyak 98 orang yang berlangsung tanggal 12 Mei 2015 dan tingkat SMP sebanyak 56 orang dilaskanakan tanggal 13 Mei 2015. Terdapat 9 jenis festival/lomba diikuti untuk tingkat SD, yakni, pidato Bahasa Indonesia, membuat gambar bercerita, menyanyi tunggal, seni tari kreasi baru, kriya anyam, pantomin, melukis, cipta puisi serta membatik. Sedang untuk tingkat SMP terdiri dari 2 kategori, kategori penunjukan antara lain, Lomba Vokal Group, festival kreativitas seni tari, festival music tradisional serta seni membaca Al-Quran. Kategori dilombakan antara lain, Lomba Cipta Cerpen Bahasa Indonesia, Story Telling, Lomba Seni Lukis, Lomba Desain Motif Batik, Lomba Cipta Lagu, Lomba Cipta Puisi, Lomba Desain Poster serta Lomba Baca Puisi.

Kepala Disdikpora Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Alit Mudiartha mengatakan, Festival Lomba Seni Siswa Nasional dan Lomba Cipta Seni Pelajar merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyeimbangkan kemampuan mutu pendidikan akademis dan non akademis. Melalui kegiatan ini juga dapat diketahui potensi – potensi siswa di masing – masing kecamatan serta mampu memupuk bakat dan minat anak – anak. Untuk itu, masing – masing peserta diharapkan mampu menampilkan potensi diri secara maksimal.

“Tujuan akhirnya kegiatan ini selain menjadi juara, kegiatan ini juga tentang bagaimana membina karakter, melatih mental dan moral peserta didik,” terang Alit Mudiartha.

Alit Mudiartha menambahkan, setelah terlaksananya kegiatan ini, nantinya akan dipilih peserta terbaik yang akan mewakili Kabupaten Gianyar untuk di tingkat Provinsi. Peserta dari masing – masing kabupaten/kota akan berlomba lagi untuk kemudian mewakili Provinsi Bali di tingkat nasional. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .