Untuk memberikan pelayanan yang sehat dan bersih peranan toilet dalam setiap SKPD maupun obyek Wisata Di Kabupaten Gianyar amatlah penting. Kesan Toilet bersih sehat dan tidak jorok berdampak kenyamanan pada kesan perdana ketika pelancong Wisatawan berkunjung ke bumi seni Gianyar. Tetapi akan menjadi sebaliknya, bila toilet jorok di tempat-tempat umum. Maka itu Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menggelar Pelatihan Toilet Bersih di Stage Sidan Gianyar (20/12).
Kadis Pariwisata Gianyar, Anak Agung Bagus Ari Brahmanta SE dalam sambutannya, mengajak peserta Clening Service untuk serius mengikuti pelatihan ini, mengingat banyak kalangan yang menganggap peranan toilet itu tidak penting. Namun hal yang dianggap kecil ini sesungguhnya menjadi barometer awal citra sebuah kunjungan terutama tempat-tempat umum. Terlebih di obyek-obyek wisata, yang mana merupakan produk unggulan Gianyar. Diyakini bila rutinitas ini dilakukan secara berkesinambungan, akan menjadi sebuah kebiasaan tanpa beban bagi para petugas kebersihan (cleaning service). “Ini sebuah tugas rutin yang sangat mudah namun sering diabaikan, bila hal ini terus menerus dibiarkan kelihatan kumal, dampaknya kurang bagus pada kebersihan dan kesehatan,” tuturnya
Pelatihan sehari yang diikuti 139 orang peserta dari berbagai SKPD maupun istansi lainnya, Dirpada Gianyar menggandeng Bali Taman Safari Indonesia dengan Instruktur Asistant Exekutive Manajer Clean, Mabrio Briedly
Menurut Mabrio Briedly membersihkan Toilet adalah hal kecil yang memiliki makna yang sangat besar, dalam menciptakan kesan pertama bagi Perusahaan, SKPD maupun pelayanan umum lainnya. Untuk itu dirinya mengajak agar tidak menyia-nyiakan pelatihan ini. Dan yang terpenting jangan pernah memandang pekerjaan membersihkan toilet sebagai pekerjaan rendahan. Dengan demikian diyakini paradigma lama “menomor sekiankan kebersihan toilet” akan segera sirna.(Humas Gianyar)