09 August 2019

Deteksi Dini Kanker Servik, PC Bhayangkari lakukan IVA Tes

Bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 67 th. 2019 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar  melaksanakan IVA Tes dan Sadanis, Jumat (9/8) di Polres Gianyar. Acara yang dirangkai dengan pelayanan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara serta penyuluhan pencegahan kanker bagi ibu-ibu Pengurus Cabang (PC) Bhayangkari Gianyar.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker leher rahim/kanker mulut rahim. Wakil Ketua I Bidang Organisasi YKI Cabang Gianyar  Ny. Ida Ayu Diana Dewi Agung Mayun  mengatakan, jenis kanker tersebut sering terjadi pada wanita dan juga penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini.

Kanker Serviks, jelas dia, umumnya baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut, di mana proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal. Namun dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi.

Kadis Kesehatan Gianyar dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati,M.Kes yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menuturkan bahwa tujuan dari IVA Tes dan Sadanis sebagai deteksi dini kanker serviks dan ia menyatakan sangat mendukung segala upaya deteksi dini kanker servik. “Kami sangat mendukung segala upaya mendeteksi dini kanker leher Rahim” ujarnya.

Dilanjutkannya, minimal 50% kelompok risiko yaitu Wanita Usia Subur (WUS) usia 30-50 th yang sudah menikah atau memiliki riwayat hubungan seks berisiko wajib melakukan iva tes minimal 1 tahun sekali. Harapannya dengan pemeriksaan iva secara berkesinambungan kita bisa mengetahui lebih dini. “Kami harapkan kasus bisa ditangani lebih awal dengan deteksi dini”, pungkasnya.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Ibu Ketua Bhayangkari Ny. Dini Priyanto beserta narasumber yang berkompeten dibidangnya.  dr. Wawan Tirtayasa,SpB onk. membawakan materi mengenal kanker payudara, beserta narasumber lainnya dr. A.A. Raka Budayasa, SpOG (K), dr. I.B Gde Udiyoga Manuaba, M.Biomed, SpOG. Abg. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .