20 June 2019

Desa Sukawati di Verifikasi Tim TP.PKK Pusat Lomba PAAR Tingkat Nasional

Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati Gianyar layak  meraih hasil terbaik dalam Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Penuh Cinta dan Kasih Sayang tingkat nasional, terkait HKG PKK tahun 2019. Diawali dengan pembentukan kader cinta kasih, berbagai kegiatan dilakukan yang difasilitasi oleh desa melalui dana desa.

Tim verifikasi PAAR dari TP.PKK Pusat yang dipimpin oleh Ida Darmo diterima oleh Asisten 1 Setda Kab. Gianyar, I Wayan Suardana didampingi Kepala Desa Sukawati Dewa Gede Dwi Putra, Wakil ketua 1 TP.PKK Kab. Gianyar Ny. I.A Diana Dewi Agung Mayun, Wakil Ketua II TP.PKK Kab. Gianyar Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya dan Wakil Ketua III Ny. Ayu Tagel Winarta di Wantilan Pura Desa, Desa pakraman Sukawati Gianyar, Kamis (20/6).

Pada kesempatan tersebut, dihadapan verifikator Ketua TP.PKK Desa Sukawati Ny. Sri Suryawati Dwi Putra memaparkan, kegiatan PAAR di Desa Sukawati tidak bisa dilakukan sendiri tapi melalui beberapa inovasi seperti melalui system jejaring (net working) yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, dilakukan oleh anak untuk anak dan menggunakan pendekatan seni dan budaya. Kegiatan PAAR menurut Ny. Sri Suryawati seperti bantuan untuk bayi, untuk usia pra sekolah berupa yoga, untuk usia sekolah diberi kegiatan berupa les gratis seperti les tari, karawitan, Bahasa dan sastra bali dan lain-lainnya. Sedangkan untuk usia remaja difasilitasi kegiatan olahraga, pembinaan sanggar seni dan budaya serta pencegahan narkoba.

Sebagai output dari berbagai kegiatan tersebut menurut Ny. Sri Suryawati adalah dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang PAAR Cinta Kasih, meningkatnya kulaitas pengasuhan anak, perlindungan dan pemenuhan hak anak sampai meningkatnya jumlah forum anak di desa Sukawati.

Sementara itu sambutan Bupati Gianyar yang dibackan Asisten 1 setda Kab. Gianyar I Wayan Suardana, mengatakan bahwa kabupaten Gianyar telah meraih Predikat Nindya sebagai Kabupaten Layak Anak, dimana secara berkelanjutan sudah melakukan kegiatan pemenuhan 31 hak anak, mulai dari kelembagaan dengan menebitkan beberapa perda tentang perlindungan hak anak, termasuk pembentukan desa layak anak di Kabupaten Gianyar.

Desa Sukawati sudah termasuk menjadi Desa layak anak, mengapa desa ini layak mendapat predikat tersebut, menurut Wayan Suardana salah satunya adalah inovasi mereka dalam pelaksanaan PAAR dengan mengintegrasikan kegiatan dengan aktivitas Perlindungan Terpadu Berbasis Masyarakat (PTBM).

“ Saya harap Tim verifikasi dapat memberikan pembinaan-pembinaan yang tentunya akan menjadi masukan berharga untuk mewujudkan perlindungan serta menjadikan Desa Sukawati sebagai role model Desa layak anak di Kabupaten Gianyar”, Kata Wayan Suardana.

Sementara itu Ida Darmo Ketua Tim Verifikasi PAAR Pusat, mengatakan tujuan dari verifikasi ini adalah untuk melihat langsung kelapangan sebagai croos cek dengan data yang dilaporkan ke pusat.

Ia juga berharap agar setiap daerah atau nominator nantinya memiliki program pasca lomba, agar pembinaan ini dapat terus berkesinambungan. Humas/Eni

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .