31 October 2014

Desa Kenderan Latih RTM Belajar Membuat Kue

Ibu-ibu dari keluarga kurang mampu di Desa Kenderan antusias ikuti pelatihan membuat kue di Balai Banjar Tangkas, Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar,  (30/10).

Perbekel Kenderan, Dewa Nyoman Raka mengatakan pelatihan bertujuan menambah pengalaman dan membuka peluang perempuan desa dalam berusaha. Diakui selama ini sebagian besar warga Desa Kenderan hidup dengan mengandalkan kerajinan tangan. Namun, 5 tahun belakangan usaha kerajinan tangan menurun pesat, sehingga banyak warga yang beralih profesi. Pelatihan  ini merupakan usulan perempuan desa dalam musyawarah desa tahun lalu, dan diprioritaskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Kenderan. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) merupakan salah satu sumber pendanaan berbagai kegiatan di desa termasuk pelatihan ini. “Pelatihan ini merupakan salah satu  kegiatan yang didanai PNPM-MPd, dan diharapkan bisa mengembangkan potensi desa dan meningkatkan kesejahtraan warga,” terangnya.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 kali diikuti 50 peserta dari keluarga kurang mampu se-Desa Kenderan. Sedangkan 2 orang pelatihnya dibantu, I Gusti Ayu Dwi Sugitariana Oka dari Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, dan Putu Andi Sri Utami mahasiswi dari Fakultas Teknologi Pertanian Unud. Pelatihan memberikan peserta belajar membuat 14 resep pangan tradisional, dari mencampur bahan hingga membungkus dan siap dijual. Biaya pelatihan disamping menggunakan dana stimulan program juga dibantu swadaya masyarakat seperti pengadaan material, alat dan lainnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Gianyar, I Made Watha mengatakan PNPM –MPd merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang menjadikan warga sebagai subjek pembangunan. Selama 10 tahun di Gianyar, PNPM-MPd sudah banyak membantu dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pemerintah desa, dan juga telah banyak membangun berbagai kebutuhan warga baik kegiatan fisik dan non-fisik. Kegiatan pelatihan membuat kue tradisional ini merupakan salah satu kegiatan yang dibiayai PNPM-MPd. Pelatihan ini diharapkan bisa membantu warga kurang mampu dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan keluarga mereka. “Keberlanjutan PNPM-MPd sangat dirasakan warga, walaupun PNPM-MPd belum jelas kelanjutannya pasca 2015, namun Pemkab. Gianyar sudah membentuk Program Siaga Desa Swatantra sebagai replikasi program tersebut,” terang I Made Watha. (Humas Gianyar/Suar)    

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .