26 April 2016

Desa Blahbatuh Dinilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2016

Perhelatan perlombaan desa/kelurahan tingkat Kabupaten tahun 2016  telah dimulai. Diawali dengan penilaian lomba desa di Desa Blahbatuh Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar, (20/4). Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, lomba desa tahun 2016 juga sebagai ajang evaluasi untuk meneliti dan menilai keberhasilan usaha masyarakat dalam pembangunan desa dalam kurun waktu 2 tahun terkahir yaitu 2014-2015.

Seperti ditegaskan oleh Kepala BPMD Kabupaten Gianyar, I Ketut Suweta, SE. M.Si  lomba desa bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lembaga pemerintahan desa dalam penataan administrasi, mendorong tumbuhnya motivasi berprestasi dan kualitas perbekel dalam membangun masyarakat.  Lomba desa tahun ini juga akan dilaksanakan penilaian pelaksanaan 10 program pokok PKK dan evaluasi Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan serta penilaian posyandu.

“Intinya lomba desa ini untuk mengetahui efektivitas tingkat pembangunan desa baik yang kurang berkembang, berkembang dan cepat berkembang dan selanjutnya maju dalam perlombaan desa,” jelas Ketut Suweta.

Lebih lanjut dijelaskan, penilaian lomba desa tahun 2016 dilakukan secara berurutan, dimulai di Desa Blahbatuh, dilanjutkan dengan penilaian di Desa Batuan Kaler Kecamatan Sukawati, (22/4), Desa Suwat Kecamatan Gianyar, (25/4), Desa Pejeng Kecamatan Tampaksiring, (26/4), Desa Taro Kecamatan Tegallalang, (27/4), Desa Buahan Kecamatan Payangan, (28/4), dan terakhir penilaian di Desa Lodtunduh Kecamatan Ubud, (29/4).

Sementara itu Perbekel Blahbatuh I Gusti Ngurah Kapidada, SE mengatakan Desa Blahbatuh yakin bisa bersaing dengan desa-desa lainnya. Banyak potensi yang diyakini mampu menjadi nilai tambah dalam penilaian lomba desa kali ini. Salah satunya adalah keberadaan pasar yadnya, yang menjadi pusat perdagangan alat-alat upakara di Gianyar.  Disamping itu juga di tunjang adanya berbagai potensi ekonomi lainnya, yang mengedapankan pontesi di Desa Blahbatuh.

Khusus di bidang kesehatan terutama kesehatan lingkungan, kepemilikan jamban/wc keluarga, pada umumnya hamper semua keluarga sudah memiliki. Ini penting, mengingat kesehatan lingkungan akan berdampak juga kesehatan masyarakat secara umum. Apalagi saat ini wabah DBD sangat mengkhawatirkan, partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan sangatlah penting.

Hadir pada penilaian lomba desa di Desa Blahbatuh Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar, Ny Adnyani Mahayastra, Ketua Gatriwara Kabupaten Gianyar , Ny. Wayan Tagel Winarta unsur Muspika, tokoh masyarakat dan dari dinas/instansi terkait. (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .