20 November 2014

Desa Batubulan Resmikan Tugu Pahlawan

Peringati Hari Pahlawan dan Puputan Margarana, Desa Batubulan resmikan Tugu Pahlawan Desa Batubulan, di Bencingah Kantor Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, (20/11).

Perbekel Batubulan, I Dewa Gede Sumertha mengatakan, Tugu Pahlawan Desa Batubulan merupakan lambang semangat jiwa berkorban para pejuang kemerdekaan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Tugu yang memiliki tinggi 8 meter tersebut juga diharapkan sebagai motivasi dan meningkatkan semangat perjuangan warga Batubulan, dalam mengisi kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan. Tugu yang berada di depan Kantor Desa Batubulan dibangun 17 Agustus 1953. Sedangkan di tahun 2014 disempurnakan bentuknya. Perubahan bentuk seperti tugu dan patung merupakan wujud kesetiaan warga Batubulan, dalam mempertahankan kemerdekaan atau Desa Batubulan merupakan ujung tombak dalam mempertahankan kemerdekaan.   

Tugu yang direvitalisasi memiliki empat tangga yang berarti empat pilar kebangsaan. Persegi lima melambangkan Pancasila, lekukan melambangkan 17 Agustus 1945. Patung 3 pejuang yang membawa tombak, pistol dan keris merupakan lambang bersatunya warga Batubulan, baik pejuang, cendikiawan dan tokoh puri. “Sehingga tugu ini diharapkan bisa menyatukan warga Batubulan dalam mengisi kemerdekaan dan menjadi inspirasi warga dalam membangkitkan semangat pejuang di era kemerdekaan,” terang Dewa Gede Sumertha.

Keterlambatan pembangunan tugu yang seharusnya diselesaikan tahun 2013 dikarenakan berbagai kegiatan desa, seperti lomba desa, lomba subak dan berbagai kegiatan lainnya. Sehingga berdasarkan rekomendasi BPK, tugu harus diselesaikan di akhir tahun 2014. “Tentu masih banyak kekurangan dalam penataan di areal tugu, kedepan kami akan tata lagi secara bertahap,” jelasnya.

Camat Sukawati, A.A Suryadiputra sangat mengapresiasi revitalisasi Tugu Pahlawan Desa Batubulan. Peresmian dan pemelaspasan tugu tersebut merupakan sebuah bukti peringatan terhadap para pejuang Desa Batubulan. Sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa tidak melupakan jasa para pahlawan. Usulan menjadikan nama pahlawan asal Batubulan sebagai nama jalan desa merupakan usulan yang bagus, sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa tidak akan melupakan para pahlawan. Pembangunan tugu juga merupakan inisiatif para putra pahlawan yang tergabung dalam Pemuda Panca Marga (PPM).  Desa Batubulan merupakan desa yang teradat penduduknya di Kecamatan Sukawati, sehingga penataan di areal Catus Pata (perempatan) Desa Batubulan akan menciptakan pemerintahan yang lebih baik kedepan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sukawati, Perbekel, BPD, LPM, PPM Gianyar dan Batubulan serta tokoh Desa Batubulan. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .