14 March 2016

Desa Adat Gianyar Gelar Dharma Shanti

Desa Adat Gianyar menggelar Dharma Shanti Penyepian Tahun Saka 1938, yang dipusatkan di Balai Banjar Sengguan Kangin, (12/3). Dharma Santhi yang mengusung tema  “Melarapan Dharma Santhi Nyepi Caka 1938, Ngiring Tunggaling Cita, Rasa lan Karsa Mangda Gianyar Setata Harmoni, Santhi lan Jagadhita Mapetitis Antuk Tri Hita Karana” dapat dijadikan contoh positif mengetahui proses maupun makna catur brata penyepian.

 ''Pemerintah Kabupaten Gianyar sangat mendukung kegiatan Dharma Shanti sebagai salah satu upaya melestarikan seni budaya dan sastra-sastra agama Hindu,'' Ungkap Kelapa Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar Drs.  I Gusti Ngurah Wijana, MM, M.Pd yang hadir mewakili Bupati Gianyar.

Ditegaskan, pelaksanaan Hari Suci Nyepi  khususnya di Kabupaten Gianyar telah berjalan dengan tertib, aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam kesempatan tersebut atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih kepada seluruh krama Gianyar yang telah melaksanakan Catur Brata Penyepian dengan baik.

Ditambahkan, dharma santi  juga upaya mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan,  rasa menyama braya serta saling asah, asih, asuh, paras-paros salunglung sabhayantaka menuju Gianyar  yang shanti dan jagadhita.

Sementara, Ketua Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) Gianyar A.A. Alit Asmara  memberikan dharma wacana mengenai makna dari penyepian mulai proses melasti, pangerupukan, tawur kasanga hingga penyepian. Menurutnya, makna penyepian kita diminta untuk mulat sarira (merenung/introspeksi) apa yang telah dan akan dikerjakan di masa datang.

Bendesa Pakraman Gianyar Dewa Made Geria mengatakan, pelaksanaan dharma shanti penyepian untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Adat Gianyar khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menerapkan makna hari raya Nyepi serta mengimplementasikannya ke dalam sikap dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu, Dewa Made Geria juga berterimakasih atas semangat dan punia atau bantuan baik material maupun tenaga seluruh masyarakat yang terlibat dalam Karya Agung di Pura Puseh pada waktu lalu.

Dharma Shanti yang dihadiri unsur muspika, prajuru adat, tokoh masyarakat, Pemuda pemudi Se-Desa Gianyar  dan krama di wilayah Desa Pakraman Gianyar, diisi dengan hiburan tari tarian yang di bawakan oleh banjar Sengguan Kangin. (Humas Gianyar/ dede)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .