06 March 2015

Dekranasda Kab. Gianyar Berbenah di HUT Ke-39

Sehubungan dengan HUT ke-39 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Dewan Kerajinan Nasinal Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gianyar mengisinya dengan cara yang sederhana namun hikmat. Peringatan diisi dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra di Kantor Disperindag Kabupaten Gianyar, (3/3).

Namun seperti ditegaskan oleh Ny. Adnyani Mahyastra, meski diperingati secara sederhana namun usaha Dekranasda bersama Pemkab. Gianyar dalam mengembangan  industri kerajinan tidak sederhana. Berbagai usaha telah dilakukan untuk membantu para pelaku industri kerajinan di Gianyar, seperti pelatihan, penguatan modal, pengembangan batik khas Ginyar, pameran, hingga yang teranyar adalah tenun pucuk Gianyar melenggang di Jakarta Fashion Week di JCC beberapa waktu lalu.

Digawangi tiga desainer handal asal Gianyar, tenun pucuk khas Gianyar yang merupakan produksi dari pengerajin binaan Dekranasda didesain hingga menghasilkan karya yang sangat indah. Ketiga desainer seperti Tu De Togog, Bintang Mira maupun Tjok Abi juga merupakan pengurus dari Dekranasda Kabupaten Gianyar. ini juga merupakan upaya Pemkab. Gianyar bersama Dekranasda membantu pengerajin Gianyar di bidang promosi. 

“Namun kami tidak pernah berpuas diri, perjuangan masih panjang. Momentum HUT ini kami jadikan langkah awal untuk membantu pengerajin di Gianyar,” kaya Ny. Adnyani Mahayastra.

Dijelaskan juga untuk lebih memudahka koordinasi, susunan kepengurusan Dekranasda Kabupaten Gianyar  yang baru akan segera disusun. ini untuk lebih memudahkan koordinasi dengan pengerajin yang tersebar diseluruh Kabupaten Gianyar. koordinasi dengan pengerajin sangat dibutuhkan, karena apa yang menjadi kebutuhan dan permasalahan mereka dapat segera diatasi. Seperti misalnya, jenis pelatihan yang dibutuhkan, masalah desaind produk, hak cipta permodalan atau bantuan pemasaran. Hal itu semua menurut Ny. Surya Adnyani dapat ia jadikan masukan bersama pengurus lainnya dalam menyusun program Dekranasda kedepannya. 

Ditambahkan juga, peringatan HUT Dekranasda ini terkait dengan surat edaran dari Dekranas Pusat No.04/Dekran/02/II/2015, dimana ketua Dekranas Pusat menghimbau pada seluruh ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Bali diharapkan mengadakan syukuran secara serentak pada hari Selasa 3 Maret 2015. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .