09 August 2014

Deklarasi Gianyar Menuju Kabupaten Layak Anak

Gianyar menjadi kabupaten/kota ke-190 di Indonesia, dan yang ketiga di Bali setelah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar yang mendeklarasikan sebagai kabupaten/kota layak anak. 

Deklarasi dibacakan oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar dan dilanjutkan Penandatanganan Komitmen Bersama mewujudkan Gianyar menuju KLA oleh Bupati Gianyar, Ketua DPRD, Muspida, Sekretaris Daerah, Ketua FKUB, Ketua MMDP dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Gianyar.

Acara deklarasi dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (PP dan PA), Linda Amalia Sari Gumelar berlangsung di Balai Budaya Gianyar, (9/8).

Deklarasi Anak Gianyar yang merupakan rekomendasi sidang anak Gianyar 2014 memuat tentang dukungan anak Gianyar dalam pelaksanaan program pemerintah untuk mewujudkan Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak. Permohonan kepada pemerintah untuk memfasilitasi KTR (kawasan tanpa rokok), pemerataan fasilitas tempat bermain anak, memfasilitasi kelanjutan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan meningkatkan pengawasan serta perlindungan bagi anak korban kekerasan, eksploitasi dan pelecehan seksual yang berhadapan hukum. Serta menerapkan program kantin sehat dan beberapa peraturan serta pengawasan yang ramah anak seperti pengawasan dan penertiban layanan iklan agar layak dilihat anak.

Menteri PP dan PA, Linda Amalia Sari Gumelar, dalam sambutnnya menyampaikan apresiasi luar biasa atas berbagai upaya yang dilaksanakan oleh Kabupaten Gianyar dalam mewujudkan Gianyar sebagai Kabupaten Menuju Layak Anak. Berbagai kebijakan telah dilakukan seperti tersedianya, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, dan penyediaan fasilitas dan adanya kebijakan dalam rangka pemenuhan hak anak. Didukung dengan seni, adat dan budaya yang dimiliki Gianyar telah menyediakan ruang bagi anak berkemampuan khusus untuk mendapatkan perlindungan dan pemenuhan hak. Dengan kearifan lokal yang dimiliki dapat dijadikan benteng dalam membendung arus globalisasi untuk pemenuhan hak anaka. Berbagai kebijakan yang baik ini diharapkan dapat terus ditingkatkan untuk mewujudkan Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak.

Sebelum acara deklarasi Menteri PP dan PA bersama jajaran berkesempatan mengunjungi fasillitas ramah anak, seperti UPT Kesmas Blahbatuh II, SDN 2 Gianyar dan Aktifitas TK Negeri Pembina Abianbase di Puri Agung Gianyar. 

Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, menyampaikan apresiasi Gianyar sebagai kabupaten/kota menuju layak anak ketiga di Bali. Hal ini diharapkan dapat diikuti enam kabupaten lainnya di Bali yang belum melakukan deklarasi sebagai kabupaten menuju layak anak. Sehingga dengan demikian Bali bisa menjadi Propinsi Pertama sebagai provinsi layak anak.

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata mengatakan Pemerintah, pelaku bisnis dan seluruh masyarakat Kabupaten Gianyar mendukung terwujudnya Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak.

Hal ini diwujudkan dengan berbagai kebijakan dan penyediaan fasilitas bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Gianyar.

Dalam acara tersebut juga berlangsung pengukuhan Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Gianyar oleh Ketua APSAI Pusat, Luhur Budijarso dengan Ketua APSAI Kabupaten Gianyar Tahun 2014, I Wayan Gede Arsania. APSAI di Kabupaten Gianyar sekaligus merupakan APSAI pertama untuk kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Deklarasi dihadiri, Sekretaris Menteri PP dan PA, Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PP dan PP, Wakil Gubernur Bali, Bupati Gianyar, Ketua DPRD, Muspida Gianyar, Sekda Gianyar, Ketua APSAI Pusat, Ketua FKUB, Ketua MMDP dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Gianyar. (Humas Gianyar/nis)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .