Selasa, 5 Mei, Tim Penilai Kinerja Unit Pelayanan Publik/Citra Pelayanan Prima (CPP) Pusat mengunjungi Kantor PDAM Kecamatan Sukawati. Kedatangan Tim yang beranggotakan 4 orang dikoordinir oleh Ketuanya Dini Saraswati Staf Ahli Menpan dan Reformasi Birokrasi Bidang Budaya Kerja Aparatur dengan anggota Tri Patrio Susilo, Bambang Sugiarto unsure Persdan Media elektronik ( TVRI) serta Suhartono dari kalangan kampus Perguruan Tinggi dan LSM paradigma Baru. Kehadiran rombongan yang akan menilai kinerja Produktifitas PDAM milik Pemkab Gianyar ini, disambut Wakil Bupati Gianyar Dewa Made Sutanaya SH, Dirut PDAM Dewa Putu Djati didampingi Dirum Dewa Putra SH. Dan Dirtek Wayan Nuka ST.
Ssbelum dilaksanakan proses penilaian Tim Pusat berkeliling memantau keberadaan Kantor PDAM Sukawati, pasalnya pihaknya tidak ingin suasana rapi tertib dan teratur dilaksanakan menjelang penilaian saja. Kenyataanya, tim Pusat Kagum dan salut dengan jajaran PDAM dan Pemkab Gianyar yang telah mampu menciptakan siatuasi yang sejuk nyaman dan cekatan disaat ditanya seputar Pelayanan PDAM Gianyar. Tak ketinggalan juga pelanggan yang bertandang ke Kantor PDAM Sukawati sempat diberikan pertanyaan seputar pelayanan oleh Dini Saraswati. Hasilnyapun, tidak mengada-ada pertanyaan Tim dijawab tanpa beban sesuai harapan Tim Penilai.
Wabup Gianyar, Dewa Made Sutanaya SH. dalam ucapan selamat datangnya, mengharapkan hendaknya penilaian yang dilaksanakan di PDAM dapat berjalan lancar sesuai ketentuan Juklak dan Juknis yang ditetapkan, sehingga kesan obyektif dapat terwujud. Terlebih di era Reformasi Birokrasi kali ini. Penilaian yang dilaksanakan di Kabupaten Gianyar merupakan penghargaan dan penghormatan yang harus dijalankan dengan baik, sehingga apa yang menjadi harapan dan tujuan dapat diciptakan dengan hasil yang memuaskan.
Selaian berpesan Sejuk terhadap Staf PDAM Gianyar, Wabup Sutanaya juga mengajak agar proses pelayanan senantiasa diciptakan untuk kepuasan masyarakat sehingga kesan profesional tidak hanya sebutan semata. ”Penilaian yang dilaksanakan Kementerian Menpan sangat kami harapkan, sehingga lewat penilaian kami dapat memetik hikmahnya, untuk berinovasi mengembangkan pengalaman yang kami dapat lewat penilain berharga di Citra Pelayanan Prima (CPP),” ungkap Sutanaya.
Selain itu juga ditambahkannya Kabupaten Gianyar yang memiliki 7 Kecamatan dan 69 Desa/Kelurahan dengan jumlah penduduk kurang lebih 438.974 jiwa. Khusus dengan pelayanan di Kantor PDAM Sukawati telah mampu memberikan layanan kepada pelanggan , Per Januari 2010 sebanyak 9.651 SR yang terdiri dari golongan Sosial 260 unit, non niaga 8.880 unit, niaga 471 unit, gol industri 39 unit dan golongan khusus 1 unit.
Ir Karta Sura Kakancab PDAM Sukawati yang ditunjuk memaparkan kondisi PDAM Sukawati memaparkan dengan jelas dan tepat kontribusi PDAM terhadap pelayanan dan terhadap masyarakat Sukawati. Pihaknya juga mengatakan majunya PDAM Kec. Sukawati ke Nasional tak lepas dari lolosnya PDAM Sukawati dalam Penilaian CPP yang dilaksanakan Tim Penilai Tingkat Propinsi Bali Maret 2010.
Sementara Ketua Tim Penilai Dini Saraswati dari Kementerian Menpan sangat bangga dan salut atas peningkatan kualitas pelayanan birokrasi yang diciptakan serta diimplementasikan terhadap kinerja, sehingga kesan cepat tepat dan profesional nampak tidak berbelit-belit.
Dini Saraswati juga menambahkan, penyelengaraan program pelayanan tahun 2010 didukung semua pihak dengan tekad untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pelayanan sehingga penilainnya benar-benar rasional dan obyektif. ”Kami berempat hanya menilai disini, kemudian diteruskan kepada Pokja yang membidangi serta dipanelkan sehingga hasilnya benar-benar Obyektif.(Humas Gianyar)