16 March 2015

CFD Gianyar Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Hingga Kosultasi Remaja

Ada yang berbeda saat pelaksanaan Car Free Day, (15/3). Selain diisi dengan kegiatan rutin seperti senam aerobic serta penampilan anak – anak pelajar di Gianyar, Pemkab. Gianyar melaui  Tim Kreatif juga menghadirkan pemeriksaan kesehatan gratis dari RSU Family Husada, Gianyar  dan pemeriksaaan golongan darah, tes HIV serta kosultasi remaja dari LSM KISARA (Kita Sayang Remaja), Denpasar. Hal ini mendapat respon yang positif dari masyarakat yang hadir serta remaja dan anak – anak yang ingin memeriksakan kesehatan.

Seusai melaksanakan senam aerobic, banyak masyarakat terutama dari kalangan usia lanjut yang mengantre di stand pemeriksaan RSU Family Husada untuk memeriksakan kesehatannya. Sekitar 10 orang tenaga medis diturunkan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang hadir di CFD. Begitu pula di stand KISARA, remaja dan anak – anak begitu antusias untuk memeriksakan kesehatan mereka. Tak ada kecanggungan terlihat di wajah mereka untuk memeriksakan kesehatan ataupun sekedar konsultasi seputar masalah yang dihadapi.

Ari Bewiyanti, salah satu pelaksana program LSM KISARA mengatakan, kegiatan kali ini dilaksanakan dengan mengambil moment di CFD Gianyar. Dengan lebih menyasar kepada kaum remaja dan anak – anak, program ini dimaksudkan untuk melakukan pencegahan terhadap penularan HIV, IMS serta kehamilan tidak diinginkan bagi kaum remaja putri dengan memberikan sosialisasi serta penyuluhan seputar alat reproduksi. Hal ini dikatakanya sejalan dengan program Pemkab. Gianyar dalam memberikan perlindungan hak anak guna mewujudkan Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Kami ingin kaum remaja untuk peduli terhadap kesehatannya terutama yang menyangkut kesehatan reproduksi dan seksual,” terang Ari Bewiyanti.

Salah satu warga, I Wayan Ranggi Purwana, asal Abianbase, Gianyar mengatakan sangat senang dengan adanya pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis ini di CFD. Selain kegiatan olahraga rutin yang biasa dilakukannya di CFD, kali ini dirinya bisa sambil memeriksakan kesehatannya. Diakuinya, untuk sekedar memeriksakan kesehatan merupakan kegiatan yang jarang dilakukannya. Ditambah lagi dengan kesibukan rutinitas keseharian membuatnya tidak begitu menaruh perhatian serius pada kesehatannya.

“Kadang suka lupa periksa kesehatan. Sekarang mumpung ada pemeriksaan kesehatan gratis, sekalian saya manfaatkan,” terang  Ranggi Purwana.

Pelaksanaan CFD tiap minggunya memang selalu menghadirkan suguhan yang berbeda dari sebelumnya. Disamping diisi dengan kegiatan rutin, seperti aerobik massal dan pemetasan dari pelajar. Tiap minggunya juga disediakan stand kesehatan bagi masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya dengan mengganden rumah sakit negeri maupun swasta. Bagi masyarakat yang ingin membaca buku, juga tersedia perpustakaan keliling dari Kantor Perpustakan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kab. Gianyar. Selain itu juga tersedia stand kuliner khas Gianyar  yang menyajikan makanan seperti bubur (tepeng), olahan jamur dan makanan lainnya. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .