28 January 2015

Cegah Apel Berbakteri, BPOM Uji Sampel

Mengantisipasi adanya apel impor mengandung bakteri, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar bergerak cepat melakukan kontrol di daerah yang ada di Bali. Dua lokasi pertama yang disasar yaitu Supermarket Hardys dan toko buah di Blahbatuh, (28/1).

Kepala BPOM Denpasar Endang Widowati mengatakan kasus keracunan karena apel berbakteri yang terjadi di Amerika Serikat belum lama ini menimbulkan kekhawatiran terhadap konsumen buah Apel di Indonesia.

Untuk itu pihaknya melakukan uji sampel guna memastikan bahwa dua jenis buah Apel California dengan merk Grenny Smith dan Gala yang sudah beredar di pasaran tidak mengandung bakteri berbahaya tersebut. Dikatakan Endang, tahap pertama dilakukan pengambilan sampel. Diperkirakan hasilnya akan terlihat dalam jangka waktu satu minggu.

Asisten II Setda Gianyar I Ketut Suweta mengatakan pihaknya sangat merespon baik langkah cepat dari BPOM Denpasar. Hal ini sebagai upaya perlindungan bagi konsumen. Dia juga meminta BPOM untuk secepatnya menginformasikan hasil dari uji sampel tersebut, agar bisa dilakukan tindakan selanjutnya.

“Sambil menunggu hasil laboratorium, kami juga himbau masyarakat untuk ekstra waspada dalam memilah – milah produk apel di pasaran,” himbau Suweta.

Suweta juga menekankan jika nantinya memang benar apel impor merk tersebut terbukti mengandung bakteri, sudah saatnya para konsumen untuk beralih mengkonsumsi produk buah lokal. Tidak hanya buah apel saja, berlaku juga untuk buah – buahan lokal yang lainnya.

”Hal ini tentu menjadi peluang emas bagi petani buah lokal untuk membuktikan kualitas mereka,”ucap Suweta.

Berdasarkan Surat Edaran Ditjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan RI, ditegaskan dalam rangka perlindungan konsumen atas dampak negatif apel yang dimaksud, serta sambil menunggu hasil penelusuran Kementerian Pertanian, dihimbau terhadap seluruh Kepala Dinas daerah di bidang Perdagangan untuk melakukan langkah berupa larangan memperdagangkan apel dengan jenis yang disebutkan (Gala Apples “Big B” dan Granny Smith Apples, Granny’s Best” produksi Bidart Bros, Bakersfield, CA 93312, serta produk Gala dan Granny Smith produksi Bidart Bros, Bakersfield, CA 93312). (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .