03 October 2014

Cegah Abrasi, Pemkab Gianyar Gandeng UGM

Dalam upaya menyelamatkan lingkungan pesisir pantai, Pemkab. Gianyar bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, pada musim hujan nanti akan melakukan penghijauan berupa penanaman tanaman yang sesuai  di wilayah pesisir. Penghijauan dilakukan untuk mencegah kian  rusaknya pesisir pantai akibat abrasi, seperti yang telah terjadi di beberapa pantai yang ada di Gianyar.

Kerja sama tertuang dalam perjanjian yang ditandatangani Kepala Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Gianyar Ir. I Gusti Ayu Dewi Hariani dengan Dekan Fakultas Kehutanan UGM Dr. Satyawan Pudyatmoko, di ruang rapat Kantor Bappeda Kabupaten Gianyar, (2/10), disaksikan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata, Asisten II Ketut Suweta, Pembantu Rektor UGM Bidang Kerja Sama Prof. Dr. Suratman beserta seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab. Gianyar.

Penghijauan nantinya dilaksanakan pada 4 lokasi yang dinilai berpotensi  mengalami abrasi lebih parah lagi yaitu  pantai Lebih, Keramas, Pering dan Saba. Jenis tanaman yang akan ditanam seperti cemara laut, manggis, nyamplung, dan mente. Jenis tanaman ini atas rekomendasi tim Kehutanan UGM, dimana ribuan bibit tanaman nanti beberapa  didatangkan dari Yogyakarta. Selanjutnya tim Kehutanan UGM  melakukan pemantauan pasca penanaman untuk memastikan tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Menurut Dekan  Fakultas Kehutanan UGM Dr. Satyawan Pudyatmoko, dipilihnya tanaman tersebut karena baik untuk menahan angin laut, menurunkan kadar garam, cocok pada iklim panas dan sesuai dengan tekstur tanah dan pasir. Penanaman jenis tanaman yang sama juga sudah dilakukan wilayah pesisir di Jepara, Papua, Kebumen dan Belitung dan pertumbuhannya sangat baik, dimana pertumbuhan per tahun rata-rata mencapai 2,5 meter.

“Kami sebelumnya sudah melakukan penelitian tentang tanaman tersebut dan berharap saat penanaman pada musim hujan nanti, mendapat dukungan pemerintah dan masyarakat pesisir," terangnya.

Sementara Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata berharap kegiatan penghijauan nanti bisa menyelamatkan kawasan pesisir dari kerusakan akibat abrasi. Apalagi, Gianyar yang mempunyai wilayah pantai sepanjang 15, 94 km memiliki beragam potensi seperti wisata bahari, dan menjadi sumber mata pencaharain penduduk setempat.

“Mari kita selamatkan lingkungan pesisir dengan melakukan penghijauan sehingga kawasan tetap lestari dan terhindar dari abrasi," tegas Bupati Agung Bharata. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .