06 May 2014

Carikan Solusi Transportasi Ubud, Pemkab Datangkan Tim Ahli Dari ITB

Kemacetan dan sembrawutnya lalulintas di Kawasan Ubud mendapat perhatian serius dari Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata. Guna memecahkan masalah lalulitas di Kawasan Ubud, Bupati Agung Bharata mendatangkan Tim Kajian Program Lalu Lintas Institut Teknologi Bandung di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (3/5).

Kajian dari Tim ITB ini nantinya diharapkan dapat segera mencarikan solusi bagi permasalahan lalu lintas di Kawasan Wisata Ubud. Dengan terpecahkannya permasalahan ini diharapkan Ubud tetap menjadi primadona wisatawan mancanegara dan domestik.

Dalam pertemuan yang berlangsung dipimpin Bupati Gianyar, Agung Bharata,  Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Made Wardana, Ketua Forum Komunikasi Bendesa se-Kecamatan Ubud, Cok Raka Kertiyasa, para Bendesa, serta tokoh- tokoh dan perwakilan masyarakat Ubud, Tim ITB mempersentasikan hasil kajiannya.

Ketua Tim Kajian Program Lalu Lintas ITB  Dr. Bambang Kesowo, Intensitas serta pertumbuhan kegiatan wisata di Kawasan Ubud yang semakin pesat dapat menambah daya tarik wisatawan. Percampuran pergerakan, khususnya antara pergerakan lokal dan regional dan tingginya volume di jalur – jalur tertentu dapat mengakibatkan timbulnya berbagai permasalahan transportasi yang tentunya dalam jangka panjang dapat pula mengurangi daya tarik kawasan wisata Ubud itu sendiri.

Ketua Tim Kajian Program Lalu Lintas ITB  Dr. Bambang Kesowo,  bersama 7 orang tenaga ahli serta 6 orang tenaga pendukung  kajian berisi tentang upaya membantu menyusun program perencanaan sampai detail bahkan hingga tahap pendampingan pengelolaan atau penataan sistem transportasi dan sarana penunjangnya di Kawasan Ubud.  Program yang akan dikembangkan ini nantinya tetap mengacu pada tata ruang tanpa mengesampingkan aspek seni dan budayanya.

Ditambahkan, tahap awal para tim ahli akan melakukan beberapa analisis di beberapa wilayah yang menjadi ruang lingkup studi. Beberapa diantaranya merupakan wilayah pengaruhnya, yakni kecamatan di sekitar Kawasan Ubud seperti Tegallalang, Sukawati dan Payangan.

“Kami coba tawarkan penataan sistem transportasi melalui pengembangan skema park-n-ride, park-n-walk, park-n-bike, sistem valet,” terang Bambang Kesowo.

Dengan rancangan pengembangan pengembangan skema park-n-ride, park-n-walk, park-n-bike, sistem valet akan mampu mengurangi beban lalu lintas di Kawasan Ubud.  Pendekatan yang nantinya akan digunakan dalam Pekerjaan Penataan Sistem Transportasi Kawasan Ubud mengacu pada pengurangan beban lalu lintas melalui pengurangan volume pergerakan akibat akumulasi pergerakan dalam dan luar kawasan Ubud dengan menggunakan skema park-n-ride, park-n-walk, park-n-bike, sistem valet.

Ketua Forum Bendesa Se-Kecamatan Ubud, Cok Raka Kertiyasa mengatakan, sangat menyambut baik gagasan dan upaya semua pihak dirasa sangat perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan transportasi di kawasan Ubud terutama para pihak yang terlibat di dalamnya. Gagasan ini juga dinilai sejalan dengan langkah yang telah dilakukan oleh Forum Komunikasi Bendesa Se-Kecamatan Ubud yang juga tengah melakukan penelitian untuk mengatasi permasalahan ini.

“Tim yang sudah kami bentuk nantinya bisa jadi tim pendamping dari Tim Ahli dari ITB untuk bisa menacari solusi terhadap permasalahan ini,” terang Cok Ibah.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharat dalam kesempatan itu mengatakan, perkembangan Ubud sebagai destinasi pariwisata dunia disatu sisi juga melahirkan permasalahan – permasalahan yang sangat kompleks terutama dalam sistem transportasinya. Jika permasalahan tersebut tidak cepat dicarikan solusi maka akan berdampak buruk pada perkembangan pariwisata itu sendiri kedepannya. Untuk itu kerjasama semua pihak terutama masyarakat Ubud sangat dibutuhkan dalam pemecahan permasalahan ini.

“Tanpa dukungan masyarakat, apapun yang diprogramkan pemerintah tak akan mampu berjalan maksimal. Dukungan dan kerjasama masyarakat, tokoh masyarakat Ubud sangat dibutuhan untuk menjadikan Ubud sebagai tempat wisata yang nyaman,” tambah Agung Bharata.  (Humas Gianyar/Set)

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .