20 May 2019

Canangkan Bakti Sosial Selama Sebulan Penuh

Berbagai kegiatan bakti sosial digelar dalam Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gianyar. 

“Hal ini bertujuan  untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, yang akhir-akhir ini perlahan terkikis oleh perubahan zaman,”ucap Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gianyar Wayan Suardana saat membacakan sambutan Bupati Gianyar di Wantilan Pura Dalem Tengaling Desa Blahbatuh, Kabupaten Gianyar,(17/5).

Asisten I Wayan Suardana mengatakan, era globalisasi saat ini selain banyak memberi efek positif, tentu juga memberi dampak negatif, salah satunya tumbuhnya sifat individualisme masyarakat. Hal tersebut sangat rentan menggerus budaya gotong royong yang sudah diwarisi turun temurun oleh nenek moyang terdahulu.”BBGRM merupakan momentum tepat untuk menjaga semangat gotong royong,”ucapnya. 

Dia melanjutkan, peranan seluruh lapisan masyarakat sangat diharapkan untuk meningkatkan swadaya, melalui lembaga-lembaga masyarakat yang ada di desa, termasuk gerakan PKK di dalamnya. Agar selalu aktif dalam berbagai bidang, yang pada akhirnya akan menjalin rasa persatuan dan kesatuan masyarakat di Kabupaten Gianyar.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Dewa Ngakan Adi mengatakan, kegiatan BBGRM dicanangkan selama sebulan penuh di bulan Mei 2019. Adapun seluruh desa diimbau untuk melaksanakan gotong royong massal, sinkronisasi dan harmonisasi hatinya PKK di desa binaan oleh TP PKK Kabupaten Gianyar, kegiatan lomba evaluasi tingkat perkembangan desa, lomba 10 program PKK, posyandu.

Lebih lanjut, dia mengatakan, kegiatan di lokasi BBGRM dilaksanakan pameran UP2K PKK Desa se-Kecamatan Blahbatuh, pelayanan kesehatan gratis dari Diskes, pelayanan KTP dan KIA dari Disdukcapil, dan penanaman pohon kelapa daksina dan pemberian bantuan bibit kelapa daksina dari Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar.

“Selain itu ada juga sumbangan bingkisan sembako dari Dinsos, kursi roda dari K3S, penyerahan perlengkapan sekolah untuk anak SD dari Disdik, program bedah rumah dari Dinas Permukiman dan Pertanahan, serta penyerahan hadiah kepada para juara lomba desa,”papar Dewa Adi. 

Ketua TP-PKK Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra ditemui usai menanam bibit pohon kelapa daksina mengatakan, penanaman pohon kelapa daksina dimaksudkan sebagai sarana upacara orang Hindu Bali. 

Dengan nantinya akan disebar ratusan bibit kelapa daksina di seluruh Kecamatan di Kabupaten Gianyar, diharapkan krama tidak bingung lagi untuk memperoleh salah satu sarana utama upacara tersebut. 

“Saya harap, semangat gotong royong dapat terjaga untuk generasi mendatang. Karena ini merupakan ciri khas kita hidup di Bali secara khusus, dan Indonesia pada umumnya. Jangan sampai perubahan zaman membuat kita menjadi apatis untuk saling membantu satu sama lain,”pungkas Dayu Surya.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .