03 July 2015

Bupati Tinjau Rencana Tanam Serentak di Subak Pulagan

Guna memantapkan Subak Pulagan sabagai warisan budaya yang diakui dunia melalui UNESCO, Pemkab Gianyar berkerjasama dengan berbagai pihak berencana menggelar tanam serentak di Subak Pulagan. Hal tersebut diungkapkan Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata dalam kunjungannya di Subak Pulagan, Desa/Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, (2/7).

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata mengatakan rencana penanaman bibit padi serentak akan dilaksanakan pada Anggara Paing, Wuku Sungsang, (7/7). Penanaman padi serentak akan dilaksanakan di areal seluas 10 Hektar dalam sehari atau sekitar 3 kilometer persegi.

“Jika penanaman padi dibantu TNI,POLRI, SKPD, dan pihak swasta, saya optimis bisa diselesaikan dalam sehari,” imbuh Agung Bharata.

Pemkab Gianyar akan terus menata kawasan Subak Pulagan, sehingga disamping bisa sebagai mata pencaharian warga, petani juga bisa melestarikan warisan budaya yang adiluhung. Kawasan Subak Pulagan juga akan dimanfaatkan sebagai berbagai kegiatan rekreasi dan pariwisata sehingga bisa menambah pendapatan para petani.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Tampaksiring, I Ketut Payu Antara mengatakan rencana penanaman bibit padi serentak memang merupakan inisiatif Pemkab Gianyar dengan pihak Bank Indonesia. Rencana tersebut sangat disambut antusias warga, sehingga beberapa hari terakhir para petani sudah menyiapkan lahan dan bibit agar siap tanam. Kawasan Subak Pulagan memiliki sekitar 450 Kecoran/Bagian Air dan mengairi sawah seluas 10 Hektar. Sawah tersebut merupakan milik warga asal 9 banjar/dusun sekitar Kecamatan Tampaksiring, sehingga wilayah Subak Pulagan merupakan salah satu subak terluas di Tampaksiring.

“Kami akan menggunakan Sistem Tanam Jujur Legowo dengan melibatkan 585 orang dan proses tanam akan dilaksanakan sehari,” imbuhnya.

Dijelaskan pula, pada saat tanam serentak akan ditanam bibit padi jenis Tioti yang dianjurkan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar dan mengurangi pemakaian Pupuk Urea dan beralih menggunakan Pupuk Kompos yang diproduksi sendiri, sehingga kualitas hasil panen dan tanah tetap tergjaga. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .