21 April 2015

Bupati Terima Buku Citra Daerah dari ANRI

Ditengah perayaan HUT Ke-224 Kota Gianyar, Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata menerima buku Citra Daerah berjudul “Citra Kabupaten Gianyar Dalam Arsip” dari Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Mustari Irawan  disela-sela  resepsi, deklarasi Kota Pusaka dan pameran foto sejarah Gianyar di Balai Budaya, Gianyar, (19/4).

Buku dengan 120 halaman ini menggambarkan perjalanan sejarah Gianyar, mulai dari berdiri hingga perjuangan kemerdekaan, baik dalam bentuk teks, peta maupun foto-foto. Beberapa contoh peristiwa tempo dulu yang terekam dalam buku ini diantaranya fragmen pidato radio bahasa Bali oleh Anak Agung Gde Agung (Puri Agung Gianyar)  mengenai seruan agar rakyat Bali membela kemerdekaan Indonesia pada Oktober 1947, silsilah kerajaan Gianyar  tertanggal 20-12-1896, Anak Agung Gde Agung menerima surat jabatan sebagai Duta Besar RI untuk Belgia dari Presiden Soekarno RI tahun 1950 dan lain sebagainya.

Usai menerima buku Citra Daerah, Bupati Agung Bharata bersama Mustari Irawan diikuti undangan, melihat secara langsung pameran foto sejarah Gianyar yang digelar oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gianyar.

Mustari Irawan pada kesempatan itu menyampaikan, buku Citra Daerah diberikan karena Gianyar memiliki bukti otentik baik berupa naskah dan foto yang menyangkut adat istiadat, seni budaya,  kehidupan politik, kunjungan kenegaraan, hingga perjuangan kemerdekaan RI.

“Buku ini merefleksikan bagaimana suatu daerah ikut berperan, memberi warna dan corak dalam sejarah perjalanan bangsa dari masa ke masa sehingga perlu diinformasikan kembali kepada masyarakat Gianyar,” terang Mustari Irawan.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Gianyar, Hery Nurhancoko mengatakan buku citra daerah yang diterima Pemkab Gianyar sebagai sebuah apresiasi dari ANRI kepada Pemkab Gianyar karena dinilai sangat memperhatikan kearsipan sebagai bagian dari rekam jejak sejarah tempo dulu yang harus disimpan untuk diwariskan generasi berikutnya.

“Dengan diterbitkan buku citra daerah ini, maka kami akan memperbanyak dan menyebarluaskan sehingga masyarakat memperoleh informasi yang akurat dan obyektif mengenai perjalanan  Gianyar,” jelas Hery. N.  (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .