02 October 2017

Bupati Lepas Sejumlah Pengungsi yang Kembali ke Daerahnya

Bupati Gianyar, A A Gde Agung Bharata seakan tak mengenal lelah. (1/10), orang nomor satu di Kabupaten Gianyar ini kembali turun ke lapangan untuk meninjau Posko Pengungsian di Lapangan Sutasoma, Sukawati. Didampingi Kepala BPBD Kabupaten Gianyar, A A Gde Oka Digjaya dan Kepala Dinas Sosial, Drs. Made Watha, Bupati Agung Bharata menelisik setiap posko pelayanan yang ada, terutama posko pelayanan kesehatan termasuk mengecek ketersedian logistik yang ada. Pada kesempatan itu, Agung Bharata juga menyempatkan menjenguk pengungsi lanjut usia, Nengah Tangkas asal Tulamben yang sudah berusia 90 tahun serta melepas sejumlah pengungsi yang kembali ke daerah asalnya.

 

Dari data yang diperoleh di lapangan, sebanyak 751 orang pengungsi ada di Lapangan Sutasoma dari jumlah keseluruhan 13.102 pengungsi tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Gianyar. Jumlah ini mulai berkurang, dikarenakan pengungsi yang berdomisili di luar Kawasan Rawan Bencana (KRB) sudah mulai kembali ke daerah asalnya.

A A Gde Oka Digjaya, mengatakan, sebanyak 23 pengungsi yang kembali ke daerah asalnya. Karena berdasarkan instruksi dari pusat, pengungsi yang berasal dari daerah di luar KRB sudah bisa kembali ke daerah asal dan mulai beraktifitas seperti biasa. Untuk persedian logistik terutama kebutuhan pokok serta kebutuhan lain bagi pengungsi, dikatakan masih dalam status aman. Hal ini karena banyaknya bantuan yang datang dari berbagai kalangan mulai dari instansi pemerintah dan swasta, sekaa teruna hingga ibu – ibu pedagang. “Karena banyaknya bantuan yang datang dari berbagai lapisan masyarakat, saat ini kami juga mulai membuat gudang logistik lagi. Bersama Dinas Sosial nanti akan kita salurkan ke kantong – kantong pengungsian yang ada di Kabupaten Gianyar,”

Sejumlah sarana dan prasarana juga terlihat mulai dibangun lagi, seperti kamar mandi. Hal ini untuk menjamin kenyamanan pengungsi selama ada di Posko Pengungsian. Begitu juga dalam menjaga kebersihan, sejumlah petugas kebersihan juga disiagakan untuk membantu para pengungsi dalam menjaga kebersihan lingkungan sehingga terhindar dari penyakit yang kemungkinan timbul.

Bupati Agung Bharata, sangat mengapresiasi semangat gotong – royong yang dimiliki oleh masyarakat Gianyar dalam membantu meringankan beban warga Karangasem. Selaku orang Bali, dirinya merasa bangga karena semua orang ikut bahu membahu dalam penangangan bencana yang terjadi sehingga secara umum kebutuhan bagi para pengungsi di Kabupaten Gianyar terlayani. Agung Bharata juga menginstruksikan untuk memberikan pelayanan kepada pengungsi yang ada di kantong – kantong pengungsian lainnya termasuk yang mandiri.“Meskipun mandiri dengan tinggal di rumah saudara, kita juga ingin mereka tetap terlayani terutama kebutuhan dasarnya,” tegas Agung Bharata.

Terkait dengan sejumlah pengungsi yang saat ini mulai kembali ke daerah asalnya, Agung Bharata mengatakan, sesuai dengan instruksi bahwa pengungsi yang tidak berdomisili di daerah KRB sudah diijinkan kembali ke daerah asalnya. Dalam hal ini, Pemkab Gianyar melalui dinas terkait juga menyediakan akomodasi berupa transportasi untuk mengantarkan mereka pulang. “Kita khawatir juga. Tapi karena daerahnya sudah dinyatakan aman dan mereka juga harus merawat tanaman serta ternak mereka. Hari ini kita antarkan pulang,” tambah Agung Bharata.

Seusai meninjau Posko Pengungsian di Lapangan Sutasoma, Bupati Agung Bharata juga meninjau beberapa kantong – kantong pengungsian lain yang ada di Kabupaten Gianyar. (Humasgianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .