08 December 2014

Bupati Gianyar Tinjau Pencairan PKH Di Gianyar

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata didampingi Sekda, Ida Bagus Gaga Adi Saputra meninjau langsung pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk penerima di Wilayah Kecamatan Gianyar di Kantor Pos Gianyar, (8/12).

Bupati Agung Bharata, mengingatkan akan pencairan bantuan, berjalan dengan aman dan lancar, bahkan bila diperlukan Dinas Sosial Gianyar bersama Kantor Pos menerapkan sistem jemput bola. Hal ini guna mengantisipasi permasalahan dan kendala dalam penyalurannya. Dihadapan para penerima bantuan, Agung Bharata juga menyampaikan agar segera melaporkan bilamana ada pihak yang mempersulit atau menghambat proses pencairan, bilamana ditemukan dirinya akan langsung memberikan sangsi dan tindakan tegas.

“Saya menginginkan semua pihak mulai dari aparat desa terbawah agar ikut serta membantu dan mengawasi proses pencairan ini, dan segera melaporkan bilamana ada permaslaahan atau kendala yang dihadapi”, tegas Agung Bharata.

Ni Putu Widiantari, (45), asal Banjar Kabetan, Desa Babakan, Gianyar salah seorang penerima bantuan menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan yang diterima. Ibu dua anak ini juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Gianyar dan Bupati yang telah ikut serta terjun langsung meninjau dan mengawasi proses pencairan.

“Terimakasih saya sampaikan kepada pemerintah karena telah memberikan bantuan, dan proses pencairan, tempat yang nyaman dan mekanisme yang tidak berbelit, sehingga kami tidak mengalami kesulitan”, ungkap Widiantari.

Kadis Sosial, Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana didampingi Operator PKH Kabupaten Gianyar, Gusti Nyoman Triana Putra, menjelaskan untuk tahun ini 2.888 Keluarga Sangat Miskin (KSM) menerima bantuan PKH dengan total dana Rp. 1.111.530.000,-. Mekanisme penerima bantuan dilakukan dengan menggunakan data KSM dari BPS tahun 2011, selanjutnya dilakukan verifikasi lapangan terhadap 3.747 KSM, eligible dan berhak menerima sebanyak 2.888. Besaran jumlah yang diterima oleh setiap PKH berbeda, bergantung kondisi masing-masing keluarga, dan akan berubah dari waktu ke waktu tergantung kondisi keluarga yang bersangkutan dan kepatuhan keluarga dalam memenuhi kewajiban. Besar bantuan berkisar Rp. 740.000 hingga 2.740.000/tahun/KSM yang terdiri dari komponen bantuan tetap, bumil/nifas/balita, anak SD, anak SMP, bantuan maksimal, dan bantuan minimal. Dimana bantuan dibayarkan empat kali dalam setahun, yang dilakukan di setiap kantor pos disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Gianyar.

I Wayan Suardana menambahkan untuk penyaluran bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) Kabupaten Gianyar, dari 21.037 RTS (Rumah Tangga Sasaran) dengan total dana Rp. 8.414.800.000 hingga 8 desember 2014 sudah tersalurkan 20.525 RTS dengan total dana Rp. 8.208.700.000 atau 97, 57 %. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .