25 November 2014

Bupati Gianyar Serahkan RAPBD Gianyar 2015

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata serahkan Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Gianyar di Sidang Paripurna DPRD Gianyar, (24/11).

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata mengatakan RAPBD tahun 2015 Kabupaten Gianyar akan dipriotitaskan sesuai skala prioritas dan berdampak luas bagi peningkatan kesejahtraan rakyat. Penyususnan RAPBD Gianyar juga diselaraskan dengan kebijakan nasional, sehingga terjadi harmonisasi capaian kinerja antara perencanaan dan sasaran secara nasional. RAPBD Induk Kabupaten Gianyar  tahun 2015 sebesar, Rp1.4 triliun. Dana tersebut terbagi menjadi belanja tidak langsung 69%,  dan belanja langsung 30%. Sedangkan pendapatan APBD Gianyar sebesar 1.3 triliun, yang bersumber dari 3 sumber. Pendapatan pertama berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 370 milyar, Dana perimbangan Rp 654 milyar, dan pendapatan lain-lain Rp 22,79 milyar. 

Prioritas RAPBD Gianyar 2015 menempatkan pendidikan sebagai prioritas pertama, selanjutnya bidang Kesehatan, ketiga penanggulangan kemiskinan, pengangguran, dan masalah sosial. Selanjutnya prioritas keempat RAPBD Gianyar memprioritaskan peningkatan infrastruktur, lingkungan hidup, kenyamanan, dan pengelolaan bencana. Pertanian dan pangan berada di prioritas kelima, prioritas keenam yaitu peningkatan kreatifitas, inovasi, teknologi, UMKM, kebudayaan dan pariwisata. Peringkat ketujuh dan kedelapan yaitu meningkatan ketentraman dan ketertiban umum dan pelayanan publik.     

Secara umum RAPBD Gianyar mengalami defisit sebesar 105 milyar, namun hal tersebut bisa ditutupi karena adanya sisa lebih anggaran sebelumnya. Dengan demikan program yang direncanakan bisa mewujudkan visi, misi pembangunan Kabupaten Gianyar. “Meskipun banyak wajah bari di DPR, kami berharap kerjasama dan sinkronisasi antara eksekutif dan legislatif bisa terjalin demi kesejahtraan warga Gianyar,” terang Agung Bharata.

Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta sangat mengapresiasi RAPBD yang disampaikan Bupati Gianyar. RAPBD Kabupaten Gianyar merupakan kajian yang sudah disesuikan dengan kebutuhan masyarakat dan hasilnya diharapkan bisa mensejahtrakan warga Gianyar.  Sesuai fungsi bugeting DPRD Gianyar telah melakukan berbagai pembahasan terkait RAPBD. Sehingga dalam berbagai rapat yang dilaksanakan, DPRD Gianyar  berhasil menekankan RAPBD 2015 dengan memaksimalkan target PAD, mengutamakan program dan kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Rasionalisasi belanja yang efisien dan sesuai asas kepatutan dan kewajaran. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .