19 January 2011

Bupati Gianyar raih “Leadership MDGs Award 2010”

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Pengahargaan yang diraih kali ini adalah Leadership MDGs Award 2010 dari Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) bersama Leadership Park Institute Jakarta, karena dinilai mampu mengaktualisasikan komitmen pembangunan millennium dalam bentuk hasil-hasil riil secara berkelanjutan, membangun kesejahteraan rakyat Gianyar.

Penghargaan Leadership MDgs Award 2010 diserahkan langsung Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraaan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono kepada Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Auditorium TVRI Stasiun Pusat Jakarta Kemarin(18/1).

Leadership MDGs Award merupakan upaya untuk memberikan apresiasi kepada daerah yang dipandang mampu mengaktualisasikan komitmen pembangunan millenium dalam bentuk pencapaian program-program aksi berkelanjutan yang searah dengan delapan tujuan pembangunan millennium. Penilaian difokuskan kepada tiga aspek yakni, adanya hasil-hasil positif yang sejalan dengan tujuan dan target-target yang dicanangkan oleh MDGs, adanya serangkaian program aksi yang berdampak positif di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, pelestraian lingkungan hidup dan pelayanan publik yang lebih luas serta adanya program yang sejalan dengan prinsip-prinsip kemitraan antara pemerintah daerah, swasta, dan lembaga swadaya masyarakat.

Millenium Development Goals (MDGs) merupakan paradigma pembangunan global yang disepakati secara internasional oleh 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam Konferensi Tingkat Tinggi Millenium PBB bulan September 2000 silam.

Majelis Umum PBB kemudian melegalkannya ke dalam Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 55/2 tanggal 18 September 2000 Tentang Deklarasi Millenium Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Millennium Declaration).

Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati seusai menerima penghargaan mengatakan, apresiasi positif yang diberikan dalam wujud penghargaan ini, merupakan  motivasi bagi dirinya untuk semakin giat menjalankan program-program pemerintahan. “Selama masa pemerintahannya banyak hal yang sudah dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat Gianyar,  namun masih banyak juga yang belum saya tuntaskan” katanya.

Bupati yang akrab dipanggil Cok Ace juga sepakat, kalau kepala daerah merupakan ujung tombak pelaksana kebijakaan dan program pembangunan dalam berbagai bidang, untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia  (IPM). “Kepemimpinan para kepala daerah adalah agen perubahan yang sangat penting bagi proses pembangunan menuju  kesejahteraan masyarakat, “ujarnya. Penghargaan ini bukanlah sebagai tujuan dalam upaya melayani  masyarakat, namun semata-mata hanya bagian dari sebuah kerja keras yang dilandasi keikhlasan untuk mengabdi kepada masyarakat Gianyar. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .