22 June 2010

Bupati Gianyar Panen Padi Berpupuk Organik

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bersama seluruh jajaran Muspida Gianyar, melakukan kegiatan penen padi di Subak Sindhu, Sayan, Ubud (22/6). Panen padi dengan menggunakan pupuk organik dilahan seluas 30 hektar kali ini  merupakan program kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Kodim 1616 Gianyar. Lewat kegiatan ini diharapkan menjadi bukti program nyata dari Kodim Gianyar kepada masyarakat khususnya petani, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani. Hal ini disampiakan Dandim 1616 Gianyar, Kol Infantri, Slamet Musafak.

Penggunaan pupuk organik oleh petani selama ini telah terbukti memiliki kelebihan dibandingkan pupuk anorganik diantaranya, mempertahankan keseburan tanah meningkatkan hasil panen dan tentunya harga produksi yang lebih besar. Dandim 1616 Udayana ini mencontohkan pada panen di lahan kali ini terbukti petani mengalami peningkatan hasil panen setelah menggunakan pupuk organik, dimana hasil panen meningkat dari 1,2 ton menjadi 2 ton. Penerapan penggunaan pupuk organik seperti ini juga telah dicobakan di beberapa wilayah kecamatan di Kabupayten Gianyar.

Bupati Gianyar dalam kesempatan itu, menyampaikan apresiasi atas kerjasama Kodim 1616 Udayana dalam meningkatkan pembangunan pertanian di Kabupaten Gianyar. Kabupaten Gianyar dengan luas lahan pertanian 14.700 hektar, tercatat sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang mendapat penghargaan dari Presiden RI, karena berhasil memproduksi pangan diatas standar produksi nasional. Untuk mempertahankan predikat ini, tentunya diperlukan upaya peningkatan kualitas produksi pertanian mengingat tidak memungkinkannya dilakukan peningkatan terhadap luas lahan. Terkait hal itu, Bupati berharap kerjasama Pemkab. Gianyar dengan Kodim 1616  Gianyar dapat ditingkatkan, tidak hanya pada sektor pertanian, namun juga pada sekrot-sektor lainnya.

Dalam rangka kebijakan pembangunan pertanian di Kabupaten Gianyar, telah dilakukan dengan pemberian subsidi pupuk dan bibit dengan total anggaran Rp. 4 M. Selain itu, telah juga dilakukan terobosan dengan penanaman variatas baru seperti Kelengkeng, dan Bambu Tabah yang nantinya diharapkan dapat makin meningkatkan pengahasilan petani di Kabupaten Gianyar.

Sementara Asisten Teritorial Kasdam IX Udayana, Kolonel Inf. Yunadi menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan kodim 1616 Gianyar, dalam rangkan mendukung program ketahanan pangan di wilayahnya.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .