30 March 2015

Bupati Gianyar Luncurkan Program Gianyar Membaca

Kebiasaan gemar membaca terus digalang Pemkab. Gianyar. Berbagai terobosan dan inovasi dilakukan salah satunya memberikan penghargaan bagi anak-anak usia dini yang paling banyak  membuat rangkuman dari buku yang dibaca.

Seperti inovasi yang dilakukan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD)  Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Yayasan Lentera Denpasar memberikan penghargaan kepada siswa sekolah dasar (SD) di Kota Gianyar, mulai dari SD N 1 sampai SD N 7 yang berhasil mengumpulkan banyak rangkuman dari buku-buku yang mereka baca baik di perpustakaan maupun di luar jam pelajaran sekolah.

Pemberian penghargaan dilaksanakan di SD Negeri 2 Gianyar, (27/3), dihadiri Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata yang pada kesempatan itu mengajak siswa SD untuk rajin membaca sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan sehingga diharapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Gianyar makin meningkat.

“Melalui membaca kita akan memiliki pengetahuan yang luas sebagai modal menapak masa depan yang lebih baik,” ujar Bupati Agung Bharata seraya meminta kepala sekoah agar mendukung program kegiatan Gianyar Membaca ini.

Bupati Agung Bharata juga berkesempatan tanya jawab dengan siswa  dari tujuh SD se- Kota Gianyar yang berkumpul di SD Negeri 2 Gianyar. Siswa yang berhasil menjawab mendapat hadiah.

Kepala KPAD Hery Nurhancoko menjelaskan, kegiatan gemar membaca merupakan rangkaian dari kegiatan Bali Membaca yang bertujuan anak-anak siswa Sekolah Dasar  memiliki kebiasaan membaca dengan harapan membaca dapat terwujud sebagai sebuah kebutuhan.

Dikatakan, kegiatan Gianyar  Membaca  ini sudah dilaksanakan sejak dua bulan lalu dan dilaksanakan dengan cara yang sederhana dan tidak mengganggu proses belajar di sekolah, yaitu  tiap siswa diharapkan membaca buku pelajaran atau buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah untuk kemudian dibuatkan rangkuman.

“Satu rangkuman kami berikan satu lembar kupon undian. Dengan demikian makin banyak siswa membuat rangkuman maka dengan sendirinya makin  banyak pula memperoleh kupon undian dan otomatis  banyak pula buku yang telah mereka baca,” ujar Hery Nurhancoko seraya menambahkan kegiatan ini berlangsung secara kontinyu dan diharapkan menular ke sekolah lainnya di Gianyar. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .