06 May 2015

Bupati Gianyar Hadiri Pemelaspasan Awig - Awig Subak Tri Bhuana

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata menghadiri upacara pemelaspasan awig - awig Subak Gede Tri Bhuana Giri Pasedahan Yeh Lauh Gianyar- Badung- Denpasar di Pura Laban Ulun Suwi, desa Sayan, Ubud, (6/5). Turut hadir Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Karo Kesra) Provinsi Bali, DPRD Provinsi Bali, serta perwakilan Pemkot. Denpasar, dan Pemkab. Badung.

Pekaseh Subak Gede Gusti Nyoman Sudira mengatakan, subak Gede Tri Bhuana terdiri dari tiga bagian, yaitu Pasedehan Yeh Lauh Gianyar terdapat 52 subak, memiliki luas 1012,72 Ha, dengan jumlah anggota sebanyak 2.775 krama. Berikutnya subak Pasedehan Yeh Lauh Badung mempunyai 14 subak, dengan luas wilayah 1259,07 Ha, beranggotakan 3.510 krama. Kemudian Subak - subak Pasedahan Yeh Lauh Denpasar memiliki luas 3012,62 Ha, terdiri atas 12 subak dan 1.586 anggota.

Dia menerangkan, dibuatnya awig - awig bertujuan mengikat segala ketentuan yang menyangkut eksistensi subak, dalam upaya mempertahankan kelestarian alam yang telah diwariskan selama ini. Upaya menjaga areal subak perlu dituangkan dalam peraturan yang mengikat, agar krama tidak dengan mudah memperuntukkan wilayahnya dengan tujuan yang melenceng dari mengajegkan wilayah Bali."Dengan diplaspasnya Awig - Awig ini, kami berharap, krama semakin teguh dalam menjaga alam hijau yang makin terancam dan swasembada pangan dapat tercapai,"ucapnya.

Bupati Gianyar Anak Agung Bharata tak henti - hentinya menekankan pentingnya pelestarian lingkungan. Dirinya teramat sangat berharap, masyarakat krama subak untuk berpegang pada prinsip mengajegkan pusaka budaya Bali. Bupati berharap, dengan adanya awig - awig, agar krama menjalankan segala ketentuan dengan semestinya."Jalani kewajiban dengan niat yang tulus, dan tetap berada dijalur agama Hindu, demi kebanggaan warisan budaya kita semua,"tegasnya.

Senada dengan Bupati, Karo Kesra Provinsi Bali Anak Agung Gede Gria juga berharap ke depannya, wilayah subak tetap asri di jalur hijau, baik secara skala maupun niskala. Dia meminta, agar awig - awig tidak dianggap hanya sekedar aturan. Namun, terpenting bagaimana merefleksikan segala hal yang tertulis di dalamnya. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .