18 April 2017

Bupati Gianyar Buka Rakernas JKPI Ke 6

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-6 tahun 2017 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Balai Budaya Gianyar, (17/4). Rakernas diikuti 58 Kabupaten/Kota se-Indoensia yang menajdi anggota JKPI. Rakernas diselenggarakan pada tanggal 15-20 April 2017 di Kabupaten Gianyar. Rakernas diisi dengan pemaparan dari Ketua Pembina BPPI, Hashim Djojohadikusumo.

Dalam paparannya Hashim menjelaskan dalam membuat perencanaan tata ruang wilayah harus dipikirkan dengan sangat matang, agar tidak merusak kekayaan pusaka yang bernilai tinggi yang dimiliki tiap wilayah. Berkaca dari negara-negara besar seperti Tiongkok, Yunani, Perancis, Spayol ataupun Italia, yang melakukan berbagai perubahan tata ruang dengan perencanaan yang tidak matang, sehingga banyak pusaka-pusakanya yang rusak dan bahkan punah. Hal tersebut berdasarkan penelitian telah menjadikan negara tersebut mengalami kerugian besar secara ekonomi, terutama di bidang pariwisata. Karena kerusakan pusaka yang bernilai tinggi yang mereka miliki banyak wisatawan yang beralih negara-negara yang masih memiliki pusaka-pusaka yang terjaga.

Hashim mengimbau kepada anggota JKPI khususnya para kepala daerah agar selalu meningkatkan kesadaran akan  budaya dan kekayaan pusaka yang dimiliki daerahnya masing-masing. Terus menjaga kekhassannya dan terus menghargai sejarah. Kapala daerah juga dihimbau untuk memperhatikan pendidikan agar generasi penerus ditanamkan rasa cinta dan bangga akan kekayaan pusakanya.

Bupati Gianyar mengatakan kedatangan para peserta rakernas JKPI di Kabupaten Gianyar diharapkan mendorong masyarakat Gianyar memelihara pusaka seperti pusaka alam, budaya dan saujana di Kabupaten Gianyar. Hingga saat ini pusaka tersebut masih terpelihara dengan baik, karena pusaka yanga ada di Kabupaten Gianyar berkaitan erat dengan kehidupan dan penghidupan masyarakat Gianyar.

Dalam kesempatan itu juga diselenggarakan serah terima Jabatan Ketua Presidium JKPI dari Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata kepada Walikota Baubau, Drs A.S. Tamrin, MH.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .