31 March 2015

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata Sampaikan LKPJ 2014

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata sampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2014, hal tersebut terungkat saat Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Gianyar, di Ruang Sidang Utama, DPRD Gianyar, (30/3).

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada para pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Gianyar, atas dukungan dan kerjasamanya, senantiasa berdampingan dalam hubungan kemitraan yang sejajar antara eksekutif dan legislatif, dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Gianyar. “Saya merasa bersyukur, karena pada hari ini dapat memenuhi kewajiban konstitusional saya selaku Kepala Daerah, untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Gianyar Tahun Anggaran 2014, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007,” terangnya.

Ketentuan dari peraturan di atas menyatakan bahwa LKPJ Kepala Daerah merupakan progress report pelaksanaan tugas atau laporan pencapaian kinerja dalam satu tahun anggaran. Dalam perspektif amanat dan substansi kepemerintahan, penyampaian progress report kepada DPRD, sekaligus merupakan refleksi akuntabilitas bersama antar kelembagaan Pemerintah Daerah dan DPRD. Mekanisme LKPJ merupakan wahana untuk saling berbagi peran dalam menganalisis kondisi kinerja Pemerintahan Daerah yang telah dilakukan sepanjang tahun 2014. Kiranya hal tersebut akan semakin mendorong tumbuhnya semangat obyektivitas dan kemitraan yang harmonis dalam menyempurnakan kinerja Pemerintahan Daerah di masa mendatang.

Secara umum gambaran tentang pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2014 dari sisi pendapatan daerah terealisasi sebesar 1,4 triliun rupiah lebih atau 104,19 persen dari rencana sebesar 1,34  triliun rupiah lebih. Realisasi tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah sebesar 424,47 milyar rupiah lebih atau 120,86 persen dari rencana sebesar 351,21 milyar rupiah lebih, Dana Perimbangan sebesar 694,46 milyar rupiah lebih atau 99,58 persen dari rencana sebesar 697,38 milyar rupiah lebih, dan Lain Lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar 281,97 milyar rupiah lebih atau 95,29 persen dari rencana sebesar 295,92 milyar rupiah lebih.

Dari sisi belanja daerah terealisasi sebesar 1,35 triliun rupiah lebih atau 88,23 persen dari rencana sebesar 1,53 triliun rupiah lebih. Sedangkan dari sisi pembiayaan daerah, penerimaan pembiayaan direncanakan sebesar 199,63 milyar rupiah lebih, terealisasi 100 persen dan pengeluaran pembiayaan daerah direncanakan sebesar 8,5 milyar rupiah lebih, terealisasi 100 persen. “ Secara umum pembangunan di berbagai bidang mengalami peningkatan, dan mengenai penjelasan yang lebih rinci, saya persilahkan dewan yang terhormat untuk meneliti seluruh materi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban yang telah disampaikan, saya berharap adanya koordinasi dan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan sehingga terwujud hubungan kemitraan yang harmonis antara legislatif dan eksekutif,” imbuh Agung Bharata.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Made Togog mengatakan akan mencermati dan mengkaji materi LKPJ yang disampaikan Bupati Agung Bharata. Pihaknya akan membentuk Pansus untuk melaksanakan salah satu fungsi kontrol terhadap jalannya Pemerintahan Kabupaten Gianyar pada tahun 2014. “Dalam waktu 30 hari, kami akan optimalkan waktu dalam mempersiapkan rekomendasi yang perlu disampaikan untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan kedepan, dan kami akan koordinasi dengan instansi terkait, maupun kelapangan melaksanakan monitoring,” pungkasnya.  (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .