01 December 2011

Bupati Gelontor Bantuan Sepeda Motor kepada Petugas Pemungut Pajak

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati gelontorkan 32 sepeda motor kepada petugas pungut pajak bumi dan bangunan (PBB) di 7 kecamatan di Kabupaten Gianyar. Kegiatan penyerahan 32 unit motor dilaksanakan di Kantor Bupati Gianyar dengan disaksikan Wakil Bupati Gianyar, Dewa Made Sutanaya, Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Putra Nindia dan Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Gianyar serta pejabat terkait lainnya (30/11).

Kepala Seksi PBB dan BPHTB Dispenda Gianyar, A.A. Gede Surya Raditya mengatakan anggaran pembelian 32 unit motor berasal dari insentif pemungutan PBB Kabupaten Gianyar tahun 2009 yang melampaui target 104% atau Rp.7,8 M dari target Rp. 7,5 M. Insentif pemungutan PBB dari pemerintah pusat sepenuhnya akan dipergunakan untuk pengadaan fasilitas pendukung pemungutan PBB serta peningkatan kompetensi dan SDM petugas pemungut pajak. Selain motor, tahun 2011 Dispenda juga telah mengadakan 4 unit mobil jenis minibus, meja kerja, mesin ketik, dan berbagai pelatihan peningkatan kompetensi petugas pungut yang didanai dari insentif PBB. “tiap tahun Pemkab Gianyar selalu berhasil melampaui target pemungutan PBB sehingga tiap tahun juga Pemkab selalu mendapatkan insentif PBB dari Pusat”, tutup A.A. Surya Raditya.

Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Gianyar, Putu Hermalini mengatakan penyerahan 32 unit motor kepada petugas pemungut pajak yang ada di tiap kecamatan, diharapkan dapat memotivasi petugas dalam melaksanakan kegiatan pemungutan PBB di Kabupaten Gianyar. Terkait pelimpahan kewenangan PBB dari Pusat ke Daerah, Hermalini mengatakan Dispenda masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat yang akan menyerahkan sepenuhnya pemungutan dan penggunaan PBB kepada Daerah tahun 2014 nanti.  Sembari menunggu turunnya keputusan tersebut Pemkab telah menyiapkan Perda terkait PBB yang sekarang telah memasuki proses ferifikasi di DPRD Kabupaten Gianyar.

Bupati Gianyar mengharapkan pemberian fasilitas motor kepada petugas pungut dapat semakin meningkatkan kinerja petugas di Lapangan. Petugas dan pejabat terkait juga diharapkan dapat lebih mempersiapkan diri menyambut pelimpahan kewenangan pemungutan PBB dari pemerintah pusat ke Pemda Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .