14 March 2014

Bupati Agung Bharata Tinjau Longsor

Bupati Gianyar, A. A. Gde Agung Bharata tinjau lokasi tanah longsor yang menutup akses jalan penghubung  Kecamatan Tegallalang dengan Kecamatan Tampaksiring, di Banjar Saraseda, Desa/Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, (12/3).

Selama 6 Jam Tertutup,  Jalan Jurusan Tampaksiring-Tegallalang lumpuh. Kendaraan yang melewati jalan tersebut diharuskan memutar melalui jalan alternatif yang jaraknya lebih jauh, sehingga kemacetan bisa diantisipasi. Longsor terjadi sekitar pukul 17:00 Wita akibat hujan deras yang mengguyur Gianyar kemarin. Saluran draenase tidak mampu lagi menampung air dari curah hujan selama 4 jam. Sehingga saluran tidak berfungsi dengan baik, sedangkan tanah labil di sekitar Kuburan Banjar Saraseda tidak mampu bertahan dan amblas dibawa air. Longsor terjadi sekitar 500 meter sebelah barat Polsek Tampaksiring, tepat dijurusan Banjar Saraseda, Desa/ Kecamatan Tampaksiring menuju Banjar Bayad, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang. Tebing bagian utara jalan dengan ketinggian 8 meter dan panjang sekitar 6 meter tergerus menutupi jalan raya, sehingga tidak bisa dilewati. “Kami dengan beberapa orang warga sejak jam 05:00 sore berusaha membersihkan jalan dari material, hanya saja tanah yang longsor cukup banyak sehingga kami kesulitan membersihkan”, terang warga Saraseda, Pande Nyoman Sucita di Lokasi kemarin.

Bupati Gianyar, A. A. Gde Agung Bharata menghimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap bencana. Musim hujan dan angin kencang belakangan mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan tanah longsor. Ketika warga mendapatkan kejadian bencana agar secepatnya melaporkan ke pihak terkait guna mendapatkan penanganan.  “Saya selalu mewanti-wanti warga agar selalu aktif melaporkan segala kejadian disekitarnya, karena informasi warga sangat diharapkan guna bisa ditindaklanjuti secara cepat”, tegas Agung Bharata, di lokasi longsor.

Kesigapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Gianyar mengundang apresiasi Bupati Agung Bharata. Mendengar laporan dari BPBD, Agung Bharata langsung meninjau lokasi longsor dan mensupport kinerja anggota BPBD Gianyar. Kedatangan Agung Bharata membuktikan kepedulian terhadap segala bencana yang ada di Gianyar. Bupati didampingi Kapolsek Tampaksiring dan warga sekitar langsung melihat ke lokasi. (Humas Gianyar/Suar).

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .