29 February 2016

Bupati Agung Bharata Pimpin Aksi Bersih Sungai

Gianyar bersih dan hijau rupanya sudah menjadi komitmen Pemkab Gianyar. Gerakan gotong royong kini terus dilakukan melibatkan seluruh instansi mulai staf hingga pejabat turun ke desa-desa binaan. Tak ketinggalan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata juga turut ambil bagian dalam aksi bersih-bersih.

Seperti yang terlihat pada, (25/2), Bupati Agung Bharata didampingi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) I Wayan Kujus Pawitra, Kepala BLH, A.A. Bagus Ari Brahmanta beserta pejabat lainya dan staf  melakukan aksi bersih-bersih sungai di Kelurahan Abianbase, Gianyar dan sekitarnya, dengan turun langsung memungut dan membersihkan sungai dari tumpukan sampah.

Aksi ini kontan menarik perhatian warga sekitar dan dengan kesadaran beberapa diantara mereka ikut turun ke sungai membersihkan sampah yang selama ini menyumbat saluran air sehingga menyebabkan air meluap ketika hujan.

“Aksi bersih-bersih ini untuk memotivasi dan membangun kesadaran masyarakat agar selalu ingat akan kebersihan lingkungan sehingga tidak membuang sampah sembarangan,” ucap Bupati Agung Bharata, usai bersih-bersih.

Diakui Bupati Agung Bharata, membangun kesadaran tidaklah mudah dan perlu waktu serta terpenting tindakan nyata dari pemerintah, salah satunya ikut bersama-sama bergotong royong dengan warga dan bukan sekedar memberitahukan saja. Selain itu, untuk membudayakan kebersihan mulai sejak usia dini, Pemkab. Gianyar juga akan membentuk polisi kebersihan lingkungan melibatkan siswa dan Dinas Pendidikan, sehingga ke depan Gianyar selalu menjadi daerah yang sehat dan bersih.

Terkait dengan sampah plastik, Bupati Agung Bharata mengatakan, Pemkab. Gianyar akan melakukan penjajakan agar para pedagang atau swalayan bisa menggunakan kantong ramah lingkungan sebagai tempat belanjaan dan tidak lagi menggunakan plastik.

“Secepatnya kami akan realisasikan bersama DKP, BLH dan instansi terkait lainnya sehingga ke depan Gianyar bebas dari sampah plastik,” tegas Bupati Agung Bharata.

Sementara Kepala DKP I Wayan Kujus Pawitra dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa, untuk mendukung Gianyar bersih dan hijau, selain dengan aksi gotong royong, kini sudah ada bank sampah tempat menukarkan sampah rumah tangga menjadi rupiah sehingga diharapkan sampah tidak dibuang sembarangan, apalagi sampai membuang ke sungai yang bisa menyebabkan air meluap.

“Penanganan sampah minimal dimulai dari lingkungan rumah tangga dan kebiasaan membuang sampah ke sungai harus dihilangkan. Jika lingkungan bersih dan sehat, tentu kita semua merasakan dan menikmati,” papar Kujus Pawitra penuh semangat meski pakaiannya basah dan berlumpur usai mendampingi Bupati Agung Bharata bersih-bersih sungai. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .