15 April 2015

Bupati Agung Bharata Kembali Pantau Pelaksanaan UN

Setelah sebelumnya, (14/4), meninjau empat SMA/SMK di Kabupaten Gianyar, Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata didampingi Sekda Kab. Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra melaksanakan peninjauan Ujian Negara (UN) di SMK 1 Gianyar, (15/4).

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepala sekolah dan pihak sekolah untuk tetap mempertahankan aspek kompeten yang sudah berjalan baik. Sebab, standar kelulusan UN tahun ini benar – benar seluruhnya ditentukan pihak sekolah.

”Kini, sekolah punya tanggung jawab yang besar,”ucapnya.

Bharata mengatakan, berubahnya sistem UN pada tahun ini sekilas memang terlihat meringankan beban siswa. Akan tetapi, dibalik semua itu, ada suatu tugas berat yang mesti dijalankan pihak sekolah maupun siswa bersangkutan. Pihak sekolah harus benar – benar dapat menjamin kualitas siswa yang lulus dalam UN tersebut.

”Kejujuran sangat penting dalam hal ini, jangan sampai hanya demi jaga nama baik, sekolah tetap meluluskan siswa yang ternyata tidak memenuhi standar hasil UN,”tegasnya.

Dengan itu, lanjut Bupati Anak Agung Bharata, benar – benar diperlukan sesuatu keseriusan yang ekstra untuk menghadapi tantangan ke depan. Ujian yang sebenarnya bagi siswa kini bukan berpatokan pada UN, namun kemana langkah setelah itu.

”UN mesti tetap disikapi secara proporsional. Tidak perlu ditakuti seperti sebelumnya dan juga tidak boleh disepelekan. Era globalisasi, kini benar – benar memasuki pasar bebas. Modal pintar saja tidak cukup untuk bertahan. Akan tetapi, generasi muda mesti memiliki mental berdaya juang dan dapat memanfaatkan setiap celah – celah positif yang ada. Saya ingin, beberapa tahun lagi, seluruh generasi muda di Kabupaten Gianyar terbentuk sebagai SDM – SDM yang hebat dan berkompeten,” ujar Bupati Anak Agung Bharata.

Sementara itu, Kadisdikpora Gianyar, Dewa Alit Mudiarta mengatakan berdasarkan laporan hari ketiga berlangsungnya UN, sebanyak lima siswa yang absen di Kabupaten Gianyar. Pada hari pertama, empat siswi berasal dari SMK PGRI 1 Payangan absen dengan alasan sakit. Sedangkan hari kedua, menyusul satu siswa dari SMK PGRI 1 Ubud dengan keterangan yang sama.

Ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 20 April sampai dengan 22 April. Rencananya ujian susulan akan dilaksanakan di masing - masing sekolah bersangkutan. Akan tetapi, jika saat itu hanya sedikit siswa yang mengikuti ujian susulan, maka ujian susulan akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar secara serentak.

”Kami tunggu perkembangan dan koordinasi lebih lanjut terlebih dahulu,” pungkasnya. (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .