18 March 2015

Bupati Agung Bharata Hadiri Ngusaba di Pura Dalem Pingit

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata hadiri karya Ngusaba Dalem, Padudusan Agung lan Mapeselang di Pura Dalem Agung/Pura Pingit, Banjar Kawan-Tengah, Desa Pakraman Tampaksiring, Gianyar, (17/3).

Bendesa Desa Pakraman Tampaksiring, Dewa Made Semarajaya mengatakan Karya Ngusaba Dalem, Padudusan Agung lan Mapeselang telah direncanakan warga sejak beberapa tahun lalu, diakui karya agung seperti ini pernah dilaksanakan puluhan tahun lalu. Sehingga menurut sastra, warga Banjar Tengah-Kawan sudah sepatutnya melaksanakan karya serupa. Pengempon Pura Dalem Agung/Dalem Pingit terdiri dari 133 KK Banjar Kawan-Tengah, dan setiap KK urunan Rp 800 ribu untuk melaksanakan karya, namun dari total anggaran biaya karya Rp 600 juta, tentu masih banyak yang kurang. Bantuan swadaya dan punia warga Desa Pakraman Tampaksiring dan berbagai bantuan diharapkan bisa menutup semua biaya. “Kami bersama warga bersyukur Karya Ngusaba Dalem, Padudusan Agung lan Mapeselang ini bisa dilaksanakan dan semoga berjalan lancar,” terangnya.

Persiapan pelaksanaan karya secara bertahap dikerjakan warga secara gotong royong, dan segala jenis kebutuhan upacara menggunakan bahan lokal agar perekonomian warga juga meningkat. Sebelumnya warga secara bertahap juga telah melaksanakan renovasi di Pura Mrajapati dan Pura Beji (16/4) 2014 silam. Kala itu, Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata juga hadir dan meletakan batu pertama pembangunan Pura Mrajapati dan Pura Beji. “Setelah pembangunan dua pura tersebut rampung tahun lalu, secara bertahap kami mempersiapkan pelaksanaan karya ini, “ imbuhnya.

Lebih lanjut, Dewa Made Semarajaya mengatakan Karya Ngusaba Dalem yang dipuput 3 sulinggih dilaksanakan mulai dengan prosesi Melis (15/3), Puncak Karya dilaksanakan pada Anggahkasih Prangbakat (17/3) dan Ida Bhatara katuran Mesineb (24/3) mendatang. Tiga sulinggih yang muput, Ida Pedanda Putra Keniten asal Banjar Gria-Tampaksiring, Ida Pedanda Istri asal Gria Cebaang-Tampaksiring dan Ida Pedanda Budha asal Gria Banjar Ambengan-Peliatan.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata sangat mengapresiasi karya dan semangat Desa Tengah Kawan, Tampaksiring dalam beryadnya. Membangun pura dan beryadnya merupakan salah satu wujud bakti dan rasa syukur yang dipersembahkan dengan tulus ikhlas. Maka jika yadnya yang dihaturkan sesuai dengan ajaran agama, tentu akan memiliki nilai spirit yang berbeda.

Pemkab Gianyar selalu mendorong warga guna membangun masyarakat di berbagai bidang, guna mewujudkan Bali tetap ajeg. Semangat gotong-royong warga Desa Tengah-Kawan yang tinggi patut dicontoh desa lain. Swadaya masyarakat berupa tenaga dan materi merupakan wujud yadnya yang tidak ternilai harganya.  Kedepan Bupati Agung Bharata selalu mengharapkan warga agar terus membangun dan beryadnya sesuai kemampuan. Yadnya seperti ini diharapkan bisa menyatukan dan meningkatkan kesejahtraan warga dan berdampak baik bagi Tampaksiring dan Gianyar. (Humas Gianyar/suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .