09 May 2016

Bupati Agung Bharata Buka TMMD ke-96 di Kerta

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata buka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96, di Banjar Pilan Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar, (3/5).

Pembukaan TMMD ke-96 dilaksanakan di areal hutan Desa Pakraman Kerta yang nantinya akan dijadikan Kebun Raya Gianyar. Program TMMD ke-96 yakni membuka jalan serta membangun jembatan penghubung Banjar Pilan dengan Banjar Penyabangan, Desa Kerta Kecamatan Payangan. Jalan yang dibangun rencananya sepanjang 1.800 M dengan lebar 7 M, sedangkan jembatan yang dibangun sepanjang 5 M dengan tinggi 5 M.

Bupati Agung Bharata dalam sambutannya mengatakan program TMMD ke-96 juga dirangkai dengan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong  Masyarakat (BGRM) ke-13, serta penanaman pohon di areal hutan Desa Pakraman Pilan.  TMMD dan BGRM merupakan media mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, sehingga terjadi integrasi masyarakat, pemerintah dan TNI dalam membangun. Bupati Agung Bharata juga berharap kegiatan ini tidak dilaksanakan kali ini saja, melainkan berkesinambungan bersama berbagai pihak demi kesejahtraan masyarakat Gianyar.

Keterlibatan TNI merupakan wujud nyata manunggalnya TNI dengan masyarakat, sehingga bisa mempercepat pelaksanaan program Nawa Cita ke-3 Presiden Jokowi yakni, Membangun Indonesia dari Pinggiran atau Desa. Pemkab Gianyar juga berterima kasih kepada Pangdam IX Udayana yang telah membantu pelaksanaan TMMD ke-96 begitu pula telah memberikan 120 bibit pohon yang terdiri dari 97 pohon Kepel dan pohon kayu Mas. Pohon tersebut akan ditanam di hutan Pilan yang akan dijadikan Kebun Raya Gianyar. Semangat gotong royong dan pemberdayaan masyarakat dalam membangun desa merupakan kunci suksesnya pembangunan. “Kami berterima kasih atas bantuan TNI dalam membuka akses jalan penghubung antara Banjar Pilan dengan Banjar Penyabangan, ” terang Agung Bharata.

Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI M. Setyo Sularso berharap kegiatan pembukaan jalan Banjar Pilan dan pembangunan jembatan ke Banjar Penyabangan bisa dimamfaatkan masyarakat. Sehingga masyarakat desa bisa lebih produktif dalam membangun desanya dan akses semakin mudah. TMMD ke-96 diharapkan bisa menjadi media terjalinnya kemanunggalan TNI dengan masyarakat, sehingga kegiatan TMMD bukan saja membuka akses jalan dan jembatan, melainkan dibarengin kegiatan penyuluhan pertanian, penanaman pohon serta kegiatan lainnya. “Kami berharap jalan ini segera bisa dimamaatkan warga Desa Pakraman Pilan dan kerjasama TNI dan masyarakat semakin erat,”papar Setyo Sularso.

Kegiatan TMMD ke-96 dan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-13 dihadiri Pangdam IX Udayana, Letjen TNI Muhammad Setyo Sularso, Kepala Kebun Raya Indonesia, Joko Yj, Dekan Program Pasca Sarjana Biologi Instiper Jogjakarta, Prof. Kadarwati, LPPM Unud, Forum Koordinasi Pemerintah Kabupaten Gianyar, jajaran SKPD Kabupaten Gianyar serta undangan dan masyarakat Desa Kerta.  (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .