25 February 2015

Bunda PAUD Gianyar, Bantu APE Untuk TK Dan PAUD di Kec. Payangan

Anak-anak jangan dipaksakan untuk belajar baca, tulis dan berhitung (Calistung), cukup diperkenalkan lewat gambar atau nyanyian.  Taman Kanak-kanak (TK)  maupun PAUD adalah teman bermain dan belajar berorientasi dengan teman sebaya atau lingkungannya. Hal ini selalu ditekankan oleh Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, saat memberikan bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) pada PAUD dan TK yang ada di Kecamatan Payangan, (24/2).

Selain memberikan bantuan APE tujuan dari kunjungan adalah untuk melihat lebih dekat permasalahan yang dihadapi guru-guru TK dalam menjalankan tugas. Dalam kunjungan itu yang menjadi pusat perhatiannya adalah kondisi gedung apakah nyaman dan aman  untuk anak-anak bermain, alat permainan luar seperti ayunan, permainan tali dan lain-lainnya tersedia. Alat bermain dalam ruangan (APE) juga tak lepas dari perhatiannya, karena jenis permaian ini dapat membantu merangsang daya kreatifitas anak.

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD  Ny. Mahayastra tidak hanya menyerahkan  APE begitu saja, namun juga ikut mengajarkan anak-anak cara memainkannya. Seperti puzzle ikan, mencocokkan warna, hingga mengenal angka atau huruf melalui gambar.

“ APE ini selain bagus untuk merangsang kreatifitas anak, juga anak mengenal angka atau huruf melalui permainan yang menyenangkan,” jelas Ny. Adnyani Mahayastra.

Selain meninjau kondisi fisik gedung, tenaga guru juga menjadi perhatiannya. Karena tidak dipungkiri peran guru juga sangat besar. Menjadi guru TK apalagi guru PAUD, adalah paling sulit. Bagaimana memahami anak-anak usia dini memerlukan keahlian tersendiri.  “ Saya menyadari tugas seorang guru TK sangat berat, saya sangat berterima kasih atas semua pengabdian yang telah dilakukan,” ujarnya lagi.

Dijelaskan juga, untuk membantu tumbuh kembang anak khususnya masa kanak-kanak , Ny. Mahayastra mengaku tidak bisa bekerja sendiri, namun bersinergi dengan semua pihak. Seperti kali ini pihaknya bekerjasama dengan Avail Denpasar untuk memberikn bantuan APE pada PAUD dan TK yang ada di Kecamatan Payangan. Pemberian bantuan ini juga sekaligus untuk memperingati HUT HKG PKK ke-43 tahun 2015.

Didampingi Bunda Paud Kecamatan Payangan, Disdikpora Kab. Gianyar bantuan APE diberikan pada PAUD Kumara Indrakila, Br. Selat Buahan Kaja, PAUD Mawar Br. Bayad, Desa Melinggih, PAUD Manila Kumara Br. Susut, Desa Buahan Kaja, PAUD Madu Kumara Br. Lebah Desa Bukiab, TK Melati Br. Ponggang Desa Puhu dan TK Kartini Br. Melinggih, Desa Melinggih Payangan. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .