22 December 2015

BPS Kabupaten Gianyar Sosialisasikan Kegiatan Sensus Ekonomi 2016

Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapat informasi potret secara utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional dan regional. Pendataan seluruh sector usaha secara menyeluruh (selain sector pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur sector ekonomi non pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu, juga akan diketahui daya saing bisnis, serta penyedia kebutuhan informasi usaha. Demikian terungkap saat Sosialisasi Kegiatan Sensus Ekonomi (SE2016) yang dibuka oleh Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar,  (22/12).

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pemberian reward kepada tiga perusahaan yang selalu memberikan data dengan tepat waktu. Ketiga perusahaan itu antara lain, UD. Romo, Celuk – Sukawati, PT. Sinar Sosro, Kemenuh dan Maya Ubud Hotel. 

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar, Ir. Ni Putu Minarni S, MMA mengatakan, dengan dilakanakannya Sensus Ekonomi 2016 ini, akan diperoleh pemetaan potensi (level) ekonomi menurut wilayah, jenis dan pelaku usaha. Tersedianya sampling frame untuk berbagai kegiatan survey di bidang ekonomi (suvey harga, produksi, distribusi, jasa, survey khusus/adhoc, dll), pemetaan daya saing bisnis menurut wilayah serta tinjauan prspek bisnis dan perencanaan investasi di Indonesia. Di Kabupaten Gianyar, kegiatan sensus nanti akan melibatkan 726 petugas yang terdiri dari 543 petugas pencacah serta 183 petugas pemeriksa.

Ir. Ni Putu Minarni S, MMA menambahkan, Sensus Ekonomi 2016 merupakan yang ke empat dilaksanakan setelah Indonesia merdeka. Untuk itu, dirinya memandang perlu mensosialisasikan hak penting yang terkait dengan pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016, antara lain ouput yang dihasilkan, cakupan dan usaha yang akan di data serta waktu pelaksanaan. Pada kegiatan sosialisasi kali ini diikuti oleh 81 peserta dari Pimpinan SKPD terkait serta pimpinan perusahaan dengan narasumber, Kepala BPS Provinsi Bali, Panusunan Siregar serta Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Gianyar, Ir. I Wayan Gede Arsania.

“Kagiatan sensus akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, pada 1 – 31 Mei mendatang,” terang Putu Minarni.

Kepala BPS Provinsi Bali, Panusunan Siregar mengatakan, kegiatan Sensus Ekonomi 2016 ini merupakan amanat dari UU No 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Selain itu, Sensus Ekonomi ini merupakan kegiatan yang strategis karena mencakup kegiatan – kegiatan ekonomi di luar sector pertanian, diantaranya industry, pertambangan, perdagangan, perhotelan, lembaga keuangan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan sebagainya. Hasil dari sensus ini nanti akan menjadi basis data yang menentukan bagaimana perjalanan ekonomi kita 10 tahun ke depan.

“Pemerintah sangat berharap besar pada Sensus Ekonomi 2016 ini, agar fondasi kekuatan ekonomi kita bisa diletakkan pada fondasi yang kokoh,” terang Panusunan Siregar.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata, sangat menyambut baik pelaksanaan sosialisasi ini. Dengan dilaksanakannya Sensus Ekonomi 2016 ini, kita akan dapat mengetahui tentang situasi ekonomi di Kabupaten Gianyar secara akurat. Untuk itu seluruh komponen yang menjadi obyek pendataan diharapkan memberikan data selengkap – lengkapnya. Hasil dari pendataan Sensus Ekonomi ini juga nantinya dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha, pemerintah, kementrian, lembaga – lembaga, peneliti dan masyarakat untjuk mengetahui gambaran kegiatan ekonomi di Kabupaten Gianyar.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya harap seluruh jajaran Pemerintah  Kabupaten Gianyar, mulai dari SKPD,  Organisasi terkait, Pimpinan Pengusaha, serta masyarakat secara keseluruhan untuk ikut mendukung dan mensukseskan Sensus Ekonomi 2016,” tegas Agung Bharata. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .