29 February 2016

BPPKB Gianyar Layani KB Masyarakat Desa Lebih

Warga Desa Lebih terlihat antusiasme untuk mendapatkan pelayanan KB gratis yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Gianyar yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Kasih Ibu Gianyar, di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, (26/2).

Sebanyak 40 akseptor mendapat layanan KB gratis, dengan rincian 17 orang menggunakan Impalant (susuk yang ditanam dibawah kulit lengan) dan 23 orang menggunakan Intra Uterine Device (IUD). Pelayanan KB gratis tersebut merupakan yang kali ke tiga dilaksanakan. Dimana sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kecamatan Blahbatuh dan Kecamatan Sukawati. Selanjutnya akan menyasar kecamatan lain, dimana untuk masing - masing kecamatan akan dilaksanakan 2 kali pelayanan KB gratis secara bergilir. Direncanakan, Badan PP dan KB Kabupaten Gianyar akan melaksanakan sebanyak 14 kali pelayanan KB gratis ditambah lagi dengan hari-hari nasional sebanyak 4 kali, sehingga dalam satu tahun total pelayanan KB sebanyak 18 kali di Kabupaten Gianyar.

Kepala Badan PP dan KB Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Putu Sri Ambari mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan pelayanan KB. Selain itu, banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini seperti, meningkatkan kesertaan KB, meningkatkan Metode KB Jangka Panjang (MKJP), mencegah angka kematian pada Ibu dan bayi serta mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

“Kita berharap semoga kedepannya masyarakat lebih paham akan pentingnya pelayanan KB terutama masyarakat pedesaan” ujar istri dari Sekkab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra.

Camat Gianyar, I Ketut Suastika didampingi Perbekel Desa Lebih, I Wayan Gede Pradnyana, menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain letak Desa Lebih yang sedikit jauh dari pusat pelayanan kesehatan juga padatnya aktifitas warganya, sehingga Pelayanan KB keliling gratis ini dirasa sangat membantu warganya, terlebih lagi sebagian warganya masih tergolong masyarakat golongan menengah.

“Antusias warga sangat terlihat. Mereka sampai rela antre dari pagi untuk mendapatkan pelayanan KB gratis ini. Ini menunjukkan mereka sangat membutuhkan” tambah Wayan Gede Pradnyana selaku Perbekel Desa Lebih. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .