23 February 2015

BPJS Ketenagakerjaan Kampanye “Tanya Saya” di CFD

Selain sebagai wahana olahraga dan hiburan bagi masyarakat Gianyar, Car Free Day (CFD) juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk bersosialisasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminanan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Bali II dengan melaksanakan kampanye “Tanya Saya” di arena CFD, (22/2). Kegiatan kampanye “Tanya Saya” tersebut berupa sosialisasi dan edukasi terkait rebranding PT. Jamsostek (Persero) menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bali II, Anak Agung Karma Krsinadi mengatakan, kegiatan kampanye yang dilaksanakan di Gianyar dengan memanfaatkan kegiatan CFD yang tiap minggunya selalu ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi penjelasan kepada masyarakat tentang BPJS Ketenagakerjaan.

“Beberapa beranggapan BPJS Ketenagakerjaan adalah BPJS Kesehatan. Itu yang ingin kami luruskan, karena kedua lembaga tersebut merupakan dua lembaga yang berbeda,” terang AA Karma Krisnadi.

AA Karma Krisnadi menambahkan, sesuai dengan amanat UU No 24 Tahun 2011, PT. Jamsostek berubah menjadi Badan Hukum Publik. Berdasarkan undang – undang tersebut PT. Jamsostek (Persero) kemudian bertranformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Namun status kepesertaan bagi pemegang kartu Jamsostek tidak berubah, Kartu Peserta Jamsostek (KJP) tetap dianggap bukti kepesertaan yang sah dan tidak berkurang fungsi dan manfaatnya sehingga tidak perlu dilakukan penggantian/pencetakan ulang kartu kepesertaan.

Adapaun program jaminan yang ditawarkan BPJS berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JKT) dan Jaminan Kematian (JK). Sedangkan Jaminan Pensiun (JP) mulai dilaksanakan 1 JUli 2015. Beberapa kemudahan juga ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan, yakni fasilitas E-Service untuk pengajuan klaim, pembayaran iuran, pendaftaran peserta, cek saldo JHT serta laporan rincian saldo tahunan.

Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat perhatian serius dari pengunjung CFD. Hal tersebut terlihat, masyarakat tampak antusias mendengarkan sosialisasi yang diberikan oleh petugas. Demikian juga saat sosialisasi selesai, beberapa masyakat malah mendatangi mobil layanan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Selain kegiatan kampanye “Tanya Saya” yang dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan Bali II, seperti biasa kegiatan CFD dimeriahkan oleh penampilan dari para pelajar Gianyar. Diawali dengan penampilan dari anak – anak SD Negeri 2 dan 3 Medahan yang dilanjutkan dengan pementasan modern dance yang dibawakan anak – anak SMP Sila Chandra, Batubulan dan SMKN 1 Gianyar. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .