04 May 2017

BKB HI Manik Suci Wakili Gianyar dalam Lomba BKB Tingkat Provinsi

Bina Keluarga Balita (BKB) merupakan salah satu upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara keluarga dengan balitanya. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Tim Penilai Lomba BKB tingkat Provinsi Bali, yang diwakili oleh Kabid KS/PK BKKBN, Provinsi Bali, Debby Martha Legi,S.Sos. MM, saat penilaian BKB Holistik Integratif (HI) Manik Suci Br. Lantangidung Desa Batuan di Kantor Desa Batuan Sukawati Gianyar, ( 4/5).

Ditambahkan program BKB merupakan salah satu bagian dari program KB yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita baik melalui rangsangan fisik, motorik kecerdasan dan emosional. Debby juga mengatakan tujuan dari lomba ini untuk meningkatkan pengetahuan para kader BKB agar mampu meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

“Penilaian lebih ditekankan pada pembinaan, sehingga mampu meningkatkan pengetahuan para kader dalam memberikan pelayanan,” tegas Debby.

Sementara itu, Kabid KB/KS  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabupaten Gianyar, I Wayan Suteja,SKM.S.Kep mengatakan kegiatan dalam BKB ini lebih merupakan investasi untuk masa depan. Dalam kegiatan BKB para orang tua diberi bekal pengetahuan dan keterampilan, dimana nantinya orang tua diharapkan mampu mengasuh dan mendidik anak balita, agar mampu menjadi generasi yang cemerlang dimasa mendatang.

Sekretaris Desa Batuan Made Suarta menambahkan, BKB HI Manik Suci Br. Lantangidung Desa Batuan sudah berdiri tahun 1992 dan merupakan BKB percontohan di Kabupaten Gianyar saat itu. Kegiatan BKB HI Manik Suci dilaksanakan secara teratur setiap bulan dan terintegrasi dengan posyandu Kumuda Wati Br. Lantangidung.  Menurut Made Suarta sasaran dari BKB Manik Suci tidak hanya orang tua yang memiliki balita, namun juga anggota keluarga lainnya juga diberikan tentang pembinaan pola pengasuhan anak.

Ketua BKB HI Manik Suci Br. Lantangidung Ni Wayan Rukiani menambahkan, saat ini BKB manik Suci memiliki 11 orang kader yang terbagi dalam kader inti dan kader piket. Kader ini sudah mendapatkan pelatihan dinas/instansi terkait. (HumasGianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .