20 October 2015

Bimtek Pengrajin Perak Desa Celuk

Untuk memajukan kualitas kerajinan perak, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, bekerjasama dengan Direktorat Jendral Industri Kecil Menengah Republik Indonesia menggelar bimbingan teknis bagi pengrajin perak Desa Celuk di Kantor Koperasi Pengerajin Perak Celuk (KPPC) Desa Celuk, Sukawati Gianyar, (19/10).

Ketua Panitia, Komang Adnyana   menyampaikan bintek berlangsung dari tanggal 19 sampai 23 Oktober diikuti 25 perajin perak se-Desa Celuk. Adnyana, menambahkan peserta mendapat pelatihan tentang tata cara casting, yaitu membuat  perak dengan cara di cetak.

Adnyana yang merupakan perwakilan dari Direktorak Jenderal IKM Wilayah II menjelaskan, pembuatan perak menggunakan sitem casting ini lebih efisien.  Mengingat sistem casting dapat menghasilkan kuantitas lebi besar dan waktu lebih singkat,

“jadi kami rasa sistem casting menjadi pilihan yang tepat, untuk memenuhi jumlah pesanana dalam sekala besar”.

Disamping itu, pelatihan ini untuk menyongsong bantuan alat tes kadar perak bantuan Pemerintah Pusat untuk KPP Celuk, yang rencananya akan datang pada bulan November mendatang.

Dengan pelatihan ini, perngerajin sudah  siap pengoperasian alat tersebut guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam bersaing di dunia global.

“di era seperti ini, persaingan di bidang kerajinan perak semakin ketat. Dengan jumlah pesanan yang banyak namun waktu yang terbatas, membuat pengerajin harus mengikuti arus pasar guna dapat bersaing dengan pengerajin yang sudah maju “ terang Adnyana.

Nyoman Rupadana, Salah satu peserta yang di temui di sela sela pelatihan mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pengerajin. Mudah mudahan dengan pelatihan ini mampu memberikan ilmu dan meningkatkan kualitas kami, mengingat melemahnya geliat perak celuk karena pengaruh teknologi dan persaingan pasar, dengaan pelatihan ini di harapkan mampu membangkitkan kembali gairah perak celuk yang sangat terkenal di mancanegara.

“Perak celuk mempunyai style yang berbeda dengan perak lain. Bun, Jawan, Paya, dan Gonda merupakan style yang dari dulu menjadi ciri khas perak celuk hingga sekarang” terang Rupadana.

Kadis Perindag Kabupaten Gianyar, I Wayan Suamba ditemuai disela-sela acara menyampaikan, dengan adanya bantuan mesin casting ini diharapkan makin meningkatkan produksi kerajina perak di Kabupaten Gianyar. Hal ini merupakan bentuk nyata perhatian pemerintah untuk lebih menggeliatkan UMKM di Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/dede)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .